Gawat! 29 Orang Terpapar Covid-19 di PON XX Papua, Ini Kata Menpora

Nusantaratv.com - 06 Oktober 2021

Menpora Zainudin Amali/ist
Menpora Zainudin Amali/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Kabar kurang menyenangkan datang dari arena PON XX Papua

Juru bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan covid-19 Papua, Silwanus Sumule mengatakan, ada 29 orang yang terpapar covid-19 yang terdiri dari atlet, ofisial, dan panitia pelaksana (panpel).

Ke-29 orang yang positif covid-19 tersebut tersebar di empat wilayah penyelenggaraan PON XX Papua, yakni 13 orang di Timika, tujuh orang di Kabupaten Jayapura, enam orang di Kota Jayapura dan tiga orang di Merauke.

Menyikapi kondisi ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menegaskan PON XX Papua tetap berjalan sesuai dengan jadwal.

"Pertandingan tetap berlangsung, sementara protokol kesehatan tetap terjaga sesuai aturan-aturan yang telah ditetapkan," kata Zainudin mengutip cnnindonesia, Rabu (6/10).

Baca juga: Lima Atlet DKI Jakarta yang Berlaga di PON XX Papua Positif Covid-19

Zainudin akan memanggil Panitia Pengawasan dan Pengarah (Panwasrah) bersama Pengurus Besar PON (PB PON) guna membahas penyebaran sekaligus penanganan Covid-19 selama pelaksanaan PON.

"Saya akan kumpulkan Panwasrah dan PB PON, beserta segenap elemen yang terlibat, berusaha meminimalisir risiko transmisi COVID-19 melalui berbagai strategi, di antaranya penegakan protokol kesehatan (prokes) ketat." ujar Menpora. 

"Ayo kita bersama-sama mengecek asal virus ini, karena sebelum datang ke Papua semua kontingen sudah tes PCR. Di tempat akomodasi, bila bergejala langsung dites antigen, bisa berlanjut PCR. Kalau positif, diisolasi dan dilakukan tracing untuk sekitarnya. Atlet yang akan bertanding dengan body contact seperti wushu atau gulat, dilakukan tes antigen sebelum bertanding," tambahnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Mimika, dr Antonius Pasulu menjelaskan tujuh atlet dari DKI Jakarta, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB) positif covid-19 yang menjalani isolasi di RSUD Mimika dalam kondisi baik. 

Petugas kesehatan sudah melakukan tracing atau penelusuran kontak erat para atlet yang terpapar covid-19 itu dan semuanya dinyatakan negatif.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])