Dongfeng Garap Mobil Listrik Mini Murah, Siap Jadi Pesaing Wuling Mini EV

Nusantaratv.com - 02 Januari 2022

Mobil listrik Dongfeng FenGuang Mini. (Carscoops)
Mobil listrik Dongfeng FenGuang Mini. (Carscoops)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Produsen mobil asal China, Dongfeng ingin mengikuti jejak sukses Wuling di pasar mobil listrik mungil murah dengan merilis FenGuang Mini EV.

Kendati secara desain dan nama mirip, namun kedua perusahaan sama sekali tidak terikat kerja sama, seperti dikutip dari Carscoops, Minggu (2/1/2022). Dongfeng FenGuang Mini EV mengadopsi desain mobil mikro dengan dimensi panjang 2.995 mm, lebar 1.495 mm, dan tinggi 1.640 mm, dengan jarak sumbu roda 1.960 mm. Dimensi ini sedikit lebih besar dibandingkan Wuling Mini EV.

Secara keseluruhan, dibandingkan dengan Wuling, mobil listrik Dongfeng ini memiliki proporsi yang hampir identik, roda kecil, dan garis yang sangat mirip pada spatbor, namun ada beberapa titik yang membuat penampilannya berbeda. 

Terlihat trim hitam di bumper depan, gril yang lebih lebar, pintu, garis jendela yang berbeda, dan lampu belakang yang menyatu dengan potongan trim hitam. Bicara powertrain, FenGuang Mini EV dibekali motor listrik tunggal yang daya menghasilkan 34 hp (25 kW), yang cukup untuk kendaraan ringan yang akan digunakan di lingkungan perkotaan. 

Hal ini juga berarti FengGuang Mini EV kemungkinan akan mengungguli HongGuang Mini EV yang memiliki motor 27 hp (20 kW). Tapi memang belum tersedia informasi lebih detil terkait paket baterai dan kisaran jangkauannya. 

Dongfeng FengGuang Mini EV disebutkan akan memulai debutnya pada kuartal pertama (Q1) 2022 dengan harga terjangkau yang diperkirakan mulai dari sekitar US$5.000 atau setara Rp71 jutaan.

Selain berhadapan dengan Wuling Mini EV, FenGuang Mini EV juga akan bersaing dengan mobil listrik kecil lainnya seperti Chery QQ Ice Cream, Baojun E300 EV, Baizhi Daxiong, dan Changan Benben E-Star.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])