Dirut INKA Sebut Adanya Human Error di Insiden Tabrakan LRT

Nusantaratv.com - 27 Oktober 2021

LRT tabrakan di kawasan Cibubur. (net)
LRT tabrakan di kawasan Cibubur. (net)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Insiden tabrakan yang melibatkan dua Light Rail Transit (LRT) di Kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Senin (25/10/2021) menurut Direktur Utama PT Industri Kereta Api (PT INKA), Budi Noviantoro, terindikasi adanya human error.

Dijelaskan Budi Noviantoro, human error yang dimaksud terjadi ketika masinis kereta melakukan proses langsir terlalu cepat.

Langsir sendiri merupakan proses pergerakan rangkaian kereta, khususnya gerbong dan lokomotif, untuk berpindah jalur rel.

“Makanya saya bilang tadi ada human error dimana masinis pada saat langsir ini kecepatannya melebihi,” kata Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (25/10/2021).

Kecelakaan dijelaskan Budi Noviantoro terjadi antara trainset (rangkaian kereta) LRT nomor 20 dan trainset nomor 29 di antara Stasiun Ciracas dan Stasiun Harja Mukti atau sekitar Cibubur.

Budi Noviantoro menambahkan, saat insiden tabrakan terjadi memang sedang dalam tahap persiapan uji coba atau proses langsir persiapan uji coba. Saat itu di dalam kedua LRT belum ada penumpang.

Budi mengungkap, insiden tabrakan  terjadi ketika trainset 29 hendak berpindah jalur dan diduga terlalu cepat lalu menabrak trainset 20 yang sedang terparkir. 

“Pada saat trainset 29 dari Ciracas itu mau bergabung ke arah Harja Mukti terjadi benturan,” ungkapnya.

Terkait insiden tabrakan ini, Budi menyebut, pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan melakukan investigasi lanjutan untuk mencari tahu penyebab utama tabrakan tersebut.

“Tapi indikasi awal berdasarkan situasi di lapangan seperti itu. Jadi saat langsir dia mau masuk ke ini (jalur lain),” ujarnya.


Informasi kereta LRT yang tabrakan di Kawasan Cibubur awalnya beredar di media sosial dalam bentuk video pendek. Video tersebut diunggah dalam akun Instagram @jakarta.terkini dengan keterangan “Tabrakan LRT Cibubur di ruas Munjul Jakarta Timur siang tadi, Senin, 25/10/2021. Belum diketahui pasti kronologi kejadian tersebut”.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])