Dibobol Hacker, Akun Instagram Pemkot Solo Akhirnya Dinonaktifkan

Nusantaratv.com - 09/10/2021 20:39

Akun Instgram Pemkot Solo yang diretas/ist
Akun Instgram Pemkot Solo yang diretas/ist

Penulis: Ramses Rianto Manurung

Solo, Nusantaratv.com-Akun Instagram resmi Pemkot Solo @pemkot_solo diserang hacker. Hacker yang berhasil membobol akun tersebut kemudian mengunggah foto, story meme hingga iklan. Pihak Pemkot Solo akhirnya menonaktifkan akun tersebut untuk sementara.

Sekitar pukul 09.50 WIB, pihak Pemkot Solo sempat mengumumkan jika akun pemkot_solo sudah kembali normal. Namun tak lama kemudian, tepatnya pada pukul 13.00 WIB, sistem keamanan  akun itu kembali dijebol peretas. 

Peretas kembali mengunggah sejumlah gambar, tulisan hingga story di akun tersebut. Tak tinggal diam, Tim siber Pemkot Solo terus menghapus unggahan dari peretas.

Akhirnya, sekitar pukul 18.00 WIB, Pemkot Solo menyampaikan pemberitahuan akun Instagram itu dinonaktifkan sementara. Kini di akun tersebut tidak terlihat unggahan apapun.

"Akun Instagram @pemkot_solo untuk sementara dinonaktifkan untuk pengamanan lebih lanjut," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Solo, Kentis Ratnawati mengutip detik, Sabtu (9/10/2021).

Baca juga: Tangani Covid, Gibran Teladani Jakarta

Kentis Ratnawati mengatakan pihaknya masih mengawasi aktivitas ilegal yang dilakukan peretas. Di samping itu, tim juga masih berusaha melakukan perbaikan sistem keamanan.

"Iya kita awasi terus ini, kita cari di mana celah yang diambil hacker," ujarnya.

Menyikapi hal ini, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan pihaknya sudah melayangkan laporan ke Facebook terkait dengan peristiwa ini.

"Sudah dilaporkan ke Facebook, tidak tahu juga (indikasi peretasan), biar diurus FB (Facebook)," ujar Gibran. 

Putra Presiden Joko Widodo ini menyebut peretasan akun Instagram resmi Pemkot Solo ini baru pertama kali terjadi. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Menkominfo Johnny G Plate-1634133913