Di Hadapan Kader PKS, Ryamizard Ryacudu Minta RI Tiru Israel Soal Bela Negara

Nusantaratv.com - 10 November 2021

Mantan Menhan Ryamizard Ryacudu/ist
Mantan Menhan Ryamizard Ryacudu/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Mantan Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu meminta pemerintah mencontoh Israel dan Vietnam dalam menetapkan program bela negara di Indonesia. 

Menurutnya, dua negara tersebut solid dan siap untuk menghadapi pelbagai potensi gangguan ancaman keamanan dan pertahanan.

Imbauan itu disampaikan Ryamizard Ryacudu dalam  acara Dialog Kebangsaan di kantor DPP PKS, Jakarta, Rabu (10/11).

"Saya ambil contoh soal bela negara. Kita Mau enggak mau kita harus contoh Israel. Israel itu penduduknya 7 sampai 8 juta sedangkan musuh-musuh di sekitarnya itu puluhan juta. Tapi Israel enggak pernah diserang. Kenapa? Semua bela negara," kata Ryamizard.

Ryamizard lebih lanjut menjelaskan, seluruh elemen masyarakat di Israel ikut berfungsi sebagai prajurit negara. Sehingga, militer dan masyarakat siap ketika sewaktu-waktu ada negara lain yang menyerang secara tiba-tiba.

Baca juga: Jokowi Resmikan Tugu Api-Patung Bung Karno di Kementerian Pertahanan, Megawati Hadir Secara Virtual

"Anak-anak kecil sampai orang-orang tua ikut berfungsi sebagai prajurit dalam hadapi serangan dan ancaman. Jadi negara lain berfikir juga. Dia kalau hadapi Israel akan menghadapi 7-8 juta 'tentara'. Ini patut kita contoh dan laksanakan sekarang," kata Ryamizard mengutip CNNIndonesiacom.

Selain Israel, sambung Ryamizard, Indonesia juga patut mencontoh Vietnam dalam hal bela negara. Ia menilai Vietnam memiliki masyarakat dan tentara yang siap sewaktu-waktu negara tersebut menghadapi gangguan. Salah satunya bisa terlihat ketika kemenangan Vietnam terhadap Amerika pada perang 1955-1975.

"Vietnam perang, kenapa menang? Karena tentara dan rakyat bersatu. Perang yang menyerang ratusan ribu Amerika bersenjata lengkap. Pesawat terbang ribuan, Tank lengkap. Tapi kenapa 500 ribu perang itu mereka kalah? Itu tadi. Kekuatan tentara dan rakyat bersatu," tukasnya.

Berkaca dari Isreal dan Vietnam, Ryamizard pun mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk terus membela negara berdasarkan profesinya masing-masing. 

Ia menekankan bela negara dapat membangun karakter masyarakat yang disiplin dan bekerja keras untuk negara Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])