Di Amerika Anjing Diandalkan jadi Pendeteksi Covid-19, Lebih Akurat dari Tes PCR?

Nusantaratv.com - 07 Januari 2022

Ilustrasi anjing pengendus covid-19/ist
Ilustrasi anjing pengendus covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung

Massachusetts, Nusantaratv.com-Anjing memang dikenal sebagai hewan dengan indra penciuman yang tajam. Itu sebabnya, anjing banyak digunakan kepolisian di berbagai negara termasuk di Indonesia untuk mengendus benda-benda terlarang seperti narkotika dan lainnya. 

Tapi siapa sangka jika ternyata anjing juga dapat diandalkan untuk mendeteksi orang yang terinfeksi virus covid-19. 

Kepolisian negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat (AS) sudah membuktikan kehebatan anjing dalam mengendus orang yang terpapar corona. Selain itu, anjing juga bisa diandalkan untuk memastikan apakah sebuah tempat steril dari virus covid-19 atau tidak. Nyaris sama tugasnya dengan anjing yang sering digunakan kepolisian di banyak negara untuk mendeteksi bom.  

"Mereka senang bekerja, saat mereka tidak bekerja, mereka hanya ingin memberimu ciuman dan kami menyukainya," kata Juru Bicara Sheriff Bristol County, Jonathan Darling.

Anjing-anjing jenis labrador pendeteksi covid-19 itu sebelumnya dikirim  mengikuti pelatihan pengembangan keterampilan di Florida International University (FIU).

Anjing-anjing ini dilatih untuk mendeteksi aroma Covid-19 pada manusia dan permukaan benda.

Baca juga: Covid Sudah Sampai ke Antartika yang Terisolasi

Diketahui, Pusat Forensik dan Keadilan Global di kampus FIU di Miami memiliki spesialisasi dalam pelatihan penciuman sejak 1993 silam dan telah menambahkan Covid-19 ke dalam daftarnya pada tahun lalu.

"Anjing-anjing itu telah diuji dalam data yang dikumpulkan dan diterbitkan dengan akurasi 99,6 persen. Jadi, itu cukup bagus. Saya pikir saat ini anjing sangat penting untuk memerangi virus," kata manajer program Kip Schultz, mengutip tribunnewscom, Jumat (7/1/2022).

Perusahaan layanan hewan peliharaan yang berbasis di New York, BARK, juga mengirimkan anjingnya untuk mengikuti pelatihan. Sehingga hewan-hewan itu dapat membantu mereka menemukan Covid-19 sebelum perkantoran kembali dibuka.

Sementara Pemilik perusahaan BioScent di Florida, tempat anjing BARK dilatih, Heather Junqueira mengatakan orang yang terinfeksi Covid-19 disebut memiliki aroma khusus yang dapat dicium oleh anjing yang terlatih secara khusus ini.

Bahkan pembawa virus tanpa gejala pun diklaim dapat mengeluarkan bau.

Praktik menggunakan anjing sebagai pengendus covid-19 telah diadopsi secara luas di beberapa bandara di seluruh dunia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])