Dankoopsus TNI Mayjen Richard Tampubolon Promosi Jabat Pangdam Pattimura

Nusantaratv.com - 08 Desember 2021

Mayjen Richard Tampubolon. (Puspen TNI)
Mayjen Richard Tampubolon. (Puspen TNI)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopsus) TNI, Mayjen Richard Tampubolon dipromosikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi Pangdam XVI Pattimura. Richard menggantikan Mayjen Bambang Ismawan yang diangkat menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI.

Mutasi dan promosi jabatan itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1128/XII/2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

SK tertanggal 6 Desember 2021 itu, ditandatangani Kepala Sekretariat Umum TNI Brigjen Edy Rochmatullah atas nama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Kapendam XVI Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo Choirul Fajar, membenarkan pergeseran pejabat TNI ini. 

"Iya betul (surat mutasi itu)," ujarnya, Rabu (8/12/2021).

Menurut dia, mutasi jabatan ini merupakan hal biasa, hasil evaluasi jabatan dalam rangka pembinaan personel.

Profil Mayjen Richard Tampubolon 

Mayjen Richard Tampubolon sendiri merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1992 dari kecabangan infanteri. Ia banyak berkarier di Komando Pasukan Khusus (Kopassus). 

Pasca lulus dari Akmil, Richard mengabdi sebagai Pabandya Lid Sintel Makopassus. Ia kemudian menjabat Danyon 11/Grup 1/Kopassus, Wadangrup 2 Kopassus, Asintel Danjen Kopassus, Dangrup 2 Kopassus serta Dangrup 3 Kopassus pada 2015.

Tahun 2016, Richard dipercaya menduduki posisi Danrindam VI/ Mulawarman dan Danrem 023/Kawal Samudera tahun 2017.

Ia kemudian kembali ke markas Korps Baret Merah sebagai Wadanjen Kopassus, lalu menjabat Kasdam VI Mulawarman pada 2018-2019, Kaskogabwilhan I periode 2019-2020. 

Hingga akhirnya pada Juli 2020 Richard ditunjuk sebagai Komandan Komando Operasi Khusus (Dankoopsus) TNI. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



1

(['model' => $post])