Dalam Waktu Sejam, Maluku 2 Kali Diguncang Gempa 5,0 Magnitudo

Nusantaratv.com - 13 Oktober 2021

Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa bumi/ist
Ilustrasi alat pencatat kekuatan gempa bumi/ist

Penulis: Ramses Manurung

Maluku, Nusantaratv.com-Dalam waktu satu jam, wilayah Maluku dua kali diguncang gempa bumi, pada Rabu (13/10/2021). Gempa bumi pertama berkekuatan 5,0 magnitudo terjadi pada pukul 16.57 WIB atau 18.57 WIT. Sejam kemudian tepatnya pada pukul 17.51 WIB (19.51 WIT), Maluku kembali dilanda gempa 5,1 magnitudo.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan dua gempa beruntun yang melanda Maluku berpusat di laut. Gempa tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. 

BMKG menyebutkan gempa kedua berkakuatan 5,1 magnitudo memiliki episentrum sekitar 141 kilometer Barat Laut Maluku Tenggara Barat dengan hiposentrum atau kedalaman 110 kilometer.

Baca juga: Pacitan-Jatim Dilanda Gempa Berkekuatan 4,8 Magnitudo

Sementara gempa pertama berkekuatan 5,0 magnitudo episentrumnya di 211 kilometer barat laut Maluku Tenggara Barat. Episentrum itu berjarak sekitar  39 kilometer Utara Tepa dan 196 kilometer Timur Laut Tiakur Maluku Barat Daya. Kedalaman gempa itu berada pada 135 kilometer dan tak ada potensi tsunami.

Sejauh ini belum ada laporan terkait korban jiwa, korban luka dan kerusakan akibat gempa yang mengguncang Maluku.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])