Daerah Ganjil Genap di DKI Jakarta Akan Diperluas dari 13 Jadi 25 Titik

Nusantaratv.com - 05 November 2021

Ilustrasi plakat kebijakan ganjil genap/ist
Ilustrasi plakat kebijakan ganjil genap/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Daerah ganjil genap (gage) direncanakan akan diperluas dari 13 titik yang ada saat ini menjadi 25 titik. 

"Kita akan mempertimbangkan, seperti yang saya sampaikan di awal, kebijakan ganjil genap ini sejatinya 25 ruas jalan, karena ada kebijakan PSBB dan PPKM darurat, jadi dihilangkan. Sekarang berangsur ada pelonggaran kebijakan publik, dan nanti kita tidak akan menutup kemungkinan akan mengembalikan lagi 25 ruas jalan," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono, Kamis (4/11/2021).

AKBP Argo Wiyono mengatakan ada beberapa kondisi tertentu yang mengharuskan kebijakan ganjil genap diperluas di 25 titik. Salah satunya adalah karena indeks kemacetan meningkat hingga 40 persen.

Selain soal kemacetan, pihak kepolisian mempertimbangkan dari sisi kecepatan kendaraan. Argo menambahkan jika kecepatan minimal di tol harusnya 60 km per jam, namun pada kenyataannya kecepatan kendaraan di tol hanya mencapai 20-30 km per jam.

"Kalau secara visual yang biasa jarak tempuh (dari rumah) ke kantor 15 menit jadi 30 menit, itu pasti akan menjadi pertimbangan (perluasan ganjil genap)," tutur Argo.

Baca juga: Catat! Mulai Hari Ini Pelanggar Ganjil Genap Jakarta Bakal Ditilang, Ini 13 Lokasinya

Diketahui, TMC Polda Metro Jaya sudah merilis jadwal ganjil genap di DKI Jakarta yang berlaku saat ini. Gage di Jakarta dibagi dalam 2 sesi, yakni pagi dan sore.

Pagi: Pukul 06.00-10.00 WIB
Sore: Pukul 16.00-21.00 WIB

Perlu diketahui penerapan kebijakan ganjil genap ini hanya berlaku selama hari kerja. Yaitu dari hari Senin sampai Jumat. Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu serta hari libur nasional pembatasan ganjil genap di Jakarta tidak diberlakukan.

Saat ini penerapan ganjil genap di DKI Jakarta berlaku di 13 titik yaitu di Jl Sudirman, Jl MH Thamrin, Jl Rasuna Said, Jl Fatmawati, Jl Panglima Polim, Jl Sisimangaraja, Jl MT Haryono, Jl Gatot Subroto, Jl S Parman, Tomang Raya, Jl Gunung Sahari, Jl DI Panjaitan dan Jl Ahmad Yani. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])