Cegah Varian Omicron, Jokowi Panggil Luhut dan Airlangga

Nusantaratv.com - 01 Desember 2021

Ilustrasi virus corona. (Net)
Ilustrasi virus corona. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil beberapa menteri guna membahas antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) varian Omicron. Sejumlah menteri yang dipanggil ke Istana ialah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjelaskan, pertemuan digelar pada pagi hari tadi itu khusus membahas varian Omicron. 

"Tadi pagi, Pak Presiden memanggil beberapa menteri terkait, ada menteri menko marves, menko perekonomian, menteri luar negeri diwakili wamen, dan beberapa menteri lain secara spesifik bahas Omicron," ujar Pratikno di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Dalam rapat itu, Jokowi meminta anak buahnya untuk terus memperhatikan dinamika pandemi Covid-19 di lapangan. Para menteri diperintahkan untuk bergerak cepat saat ada kenaikan jumlah kasus.

Selain itu, Jokowi juga meminta seluruh fasilitas kesehatan disiagakan. Ia ingin semua pihak selalu waspada mengantisipasi dampak varian Omicron.

"Beliau bertanya, 'Seandainya ada kasus, bagaimana rumah sakit-rumah sakit darurat itu diaktifkan?' Semua menyatakan tetap siaga, jadi kita tetap siaga," ujar Pratikno.

Sebelumnya, pemerintah memperketat jalur masuk dari negara lain usai penemuan virus Corona varian Omicron. Indonesia menutup kedatangan dariAfrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Eswatini, dan Nigeria.

Pemerintah juga memperpanjang masa karantina orang dari luar negeri menjadi 7 hari. Kemudian, orang yang datang dariAfrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Malawi, Angola, Zambia, dan Hong Kong wajib karantina 14 hari.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])