Cegah Lonjakan Covid-19, Pemerintah akan Terapkan PPKM Level 3 di Seluruh Indonesia pada Nataru

Nusantaratv.com - 17 November 2021

Muhadjir Effendy/ist
Muhadjir Effendy/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Pemerintah akan memberlakukan kebijakan PPKM Level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia selama masa liburan panjang Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). 

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. 

"Selama libur Nataru, seluruh Indonesia akan diberlakukan peraturan dan ketentuan PPKM Level 3," ujar Muhadjir, pada Rabu (17/11/2021). 

Muhajdir menjelaskan kebijakan tersebut dilakukan untuk memperketat pergerakan orang dan mencegah lonjakan kasus Covid-19 pasca libur Nataru.

Dipastikan, nanti seluruh wilayah di Indonesia yang saat ini sudah berstatus PPKM Level 1 dan 2 akan disamaratakan menerapkan aturan PPKM Level 3. 

Baca juga: Pemerintah Akan Terapkan Aturan Ketat Masa Nataru, ASN Dilarang Cuti!

"Sehingga ada keseragaman secara nasional. Sudah ada kesepakatan, aturan yang berlaku di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali nanti akan diseragamkan," ucapnya. 

Muhajdir menjelaskan kebijakan pemberlakuan aturan PPKM Level 3 secara nasional ini akan berlaku mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2021. Kebijakan ini akan diterapkan setelah Kemendagri menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) terbaru.

"Inmedagri Ini sebagai pedoman pelaksanaan pengendalian penanganan Covid-19 selama masa libur Natal dan Tahun Baru yang akan ditetapkan selambat-lambatnya pada tanggal 22 November 2021," ujarnya, mengutip okezonecom.

Sejalan dengan pemberlakuan PPKM Level 3 secara nasional ini saat Nataru perayaan pesta kembang api, pawai, arak-arakan yang mengumpulkan kerumunan besar akan sepenuhnya dilarang. Sementara, untuk Ibadah Natal, kunjungan wisata, pusat perbelanjaan menyesuaikan kebijakan PPKM Level 3. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])