Bus Listrik BYD Segera Mengaspal

Nusantaratv.com - 18 Desember 2021

Bus listrik BYD siap dioperasikan. (Gizmochina)
Bus listrik BYD siap dioperasikan. (Gizmochina)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Raksasa otomotif China, BYD baru-baru ini bekerja sama dengan produsen bus Inggris Alexander Dennis (ADL) untuk memulai produksi bus listrik.

Perusahaan patungan tersebut mengumumkan gelombang pertama bus yang dikenal sebagai bus listrik ultra-panjang murni BYD ADL Enviro200EV XLB itu telah sepenuhnya dirakit secara lokal di Selandia Baru. 

Dikutip dari Gizmochina, Sabtu (18/12/2021), bus listrik ini nantinya bakal diserahkan ke operator bus Selandia Baru, yakni Howick & Eastern Transdev untuk dioperasikan dalam waktu dekat.

Bus listrik ultra-panjang murni BYD ADL Enviro200EV XLB menggabungkan teknologi baterai lithium besi fosfat BYD, teknologi sasis daya, serta teknologi kustomisasi mobil penumpang profesional ADL dan Kiwi Bus Builders. Selain sasis, semua komponen lain yang dipasang di bus dilaporkan dipasok oleh BYD.

Bus listrik ini memiliki panjang 12,6 meter, dan sanggup untuk menampung hingga 75 penumpang. Kendaraan ini dilengkapi dengan daya jelajah baterai penuh 300 kilometer, yang dapat memenuhi kebutuhan operasi sehari-hari.

Manajer umum Kiwi Bus Builders mengungkapkan kekaguman perusahaan karena dapat menyelesaikan perakitan kendaraan listrik. Dia mencatat proses manufaktur telah memberikan pemahaman yang jelas kepada perusahaannya tentang bagaimana memproduksi bus listrik dalam batch untuk mencapai tujuan nol-emisi dari pemerintah.

Saat ini, BYD telah mendapatkan pelanggan di banyak negara termasuk Jepang, Korea Selatan, Singapura, Australia, India, dan negara lain di kawasan Asia-Pasifik. Secara global, bisnis BYD telah menyebar ke lebih dari 300 kota di lebih dari 50 negara dan wilayah.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])