BOR Turun Jadi 30%, Bobby Nasution Optimis Medan Keluar dari PPKM Level 4

Nusantaratv.com - 13 September 2021

Wali Kota Medan Bobby Nasution/ist
Wali Kota Medan Bobby Nasution/ist

Penulis: Ramses Manurung | Editor: Ramses Manurung

Medan, Nusantaratv.com-Penanganan pandemi covid-19 di Kota Medan semakin membaik. Itu ditandai dengan penurunan tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit covid-19. Berdasarkan data per hari ini, Senin 13 September 2021, BOR di Medan telah di bawah 30 persen. 

Hal ini membuat Wali Kota Medan, Bobby Nasution optimis Medan akan keluar dari PPKM Level 4. 

"Mudah-mudahan, kemarin kita tanya sama Pak Menko. Pak Menko mengatakan indikator Medan masih masuk level 4 karena kasus aktifnya yang masih tinggi. Selebihnya kita sudah turun semua. BOR kita sudah di bawah 30 persen, hanya BOR ICU aja yang masih di atas 30 persen," kata Bobby mengutip detik, Senin (13/9/2021).

Lebih lanjut Bobby mengatakan pihaknya sedang mengupayakan perbaikan data covid-19. Terkait hal ini, jajarannya sedang melakukan rapat bersama pihak Pemprov Sumut. 

"Setahu saya siang ini kita lagi bersama provinsi lagi rapat mengenai pendataan. Perbaikan data yang ada di Kota Medan khususnya, dan ada beberapa daerah selain Kota Medan. Ini lagi perbaikan data," tutur Bobby.

Bobby menyebutkan per hari ini jumlah kasus aktif covid-19 di Kota Medan sudah di bawah 2 ribu kasus. 

Baca juga: Tambah 1.481, Kasus Covid-19 di Sumut Kembali Melonjak

"Per hari ini, seperti yang sudah kita posting juga, kasus aktif kita bukan 7 ribu lebih lagi, tapi sudah di bawah 2 ribu setahu saya kasus aktifnya," paparnya.

"Setelah dikonfirmasi, dengan hasil swab PCR ini 6 ribu lebih ini ada dia masuk bagian sembuh, ini hasil PCR-nya dan yang lebih dari 10 hari, itu masih dikategorikan sembuh. Nah, ini tapi pendataannya masih kita koordinasikan dengan Provinsi Sumut," imbuhnya.

Bobby menyebutkan selama ini tes swab yang dilakukan secara mandiri dilaporkan ke provinsi. Bobby mengaku anak buahnya sempat beberapa kali meminta data tersebut tetapi belum diberikan oleh pihak provinsi.

"Karena selalu saya sampaikan masyarakat yang melakukan swab antigen ataupun PCR secara mandiri di luar puskesmas ini pelaporan dari setiap masing-masing faskesnya itu laporannya ke provinsi. Karena sebenarnya aturan dari Kemenkes-nya seperti itu namun beberapa kali sudah kita minta agar laporannya masuk ke Kota Medan juga biar pendataan seperti itu bisa kita koordinasikan lebih cepat," tukasnya.

Diketahui, hari ini pemerintah akan mengumumkan perpanjangan PPKM. Dalam pemberlakuan PPKM periode 9 hingga 13 September 2021, Kota Medan masuk dalam PPKM Level 4. Itu dikarenakan BOR dan jumlah kasus aktif covid-19 di Kota Medan masih tinggi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

Berita Terkait
Ilustrasi-1646394631
Bupati Gorontalo Utara-1646273134