Bayi Kembar Siam Dempet Kepala Berhasil Dipisahkan

Nusantaratv.com - 07 September 2021

Bayi wanita kembar siam berhasil dipisahkan melalui operasi.
Bayi wanita kembar siam berhasil dipisahkan melalui operasi.

Penulis: Adiantoro | Editor: Adiantoro

Nusantaratv.com - Bayi kembar siam berjenis kelamin wanita berusia satu tahun yang mengalami pendempetan kepala sejak lahir berhasil menjalani operasi pemisahan di Israel.

Dikutip dari BBC, Senin (6/9/2021), operasi pemisahan yang memakan waktu 12 jam di Soroka Medical Center di kota Beersheba, Israel, pada pekan lalu itu membutuhkan persiapan berbulan-bulan, termasuk melakukan cangkok kulit kepala untuk keduanya.

Puluhan ahli dari Israel dan luar negeri turut terlibat dalam operasi pemisahan itu. Kedua bayi wanita yang belum disebutkan namanya itu, dikabarkan dalam kondisi baik.

"Mereka bernapas dan makan sendiri," kata Kepala Departemen Bedah Plastik Soroka Medical Center, Eldad Silberstein kepada berita Channel 12 Israel.

Ini adalah pertama kalinya operasi semacam itu, yang hanya dilakukan 20 kali di seluruh dunia, termasuk di Israel. Beberapa bulan sebelum operasi, kantong silikon tiup dimasukkan ke kepala mereka dan secara berkala diperluas untuk meregangkan kulit. Kulit baru kemudian digunakan untuk menyegel kepala mereka setelah tengkorak direkonstruksi.

Kepala Ahli Bedah Saraf Soroka Medical Center, Mickey Gideon mengatakan persiapan dilakukan termasuk dengan bantuan teknologi permodelan 3D. "Kami senang, semuanya berjalan seperti yang kami harapkan," kata Mickey.

Bayi kembar yang lahir pada Agustus 2020 itu diharapkan dapat menjalani kehidupan yang benar-benar normal.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])