AS Beri Sanksi Penyandang Dana dan Afiliasi ISIS di Afghanistan

Nusantaratv.com - 23/11/2021 09:27

Ilustrasi ISIS Khorasan. (Istimewa)
Ilustrasi ISIS Khorasan. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Amerika Serikat (AS) membidik afiliasi ISIS di Afghanistan, menjatuhkan sanksi kepada para pejabat tinggi kelompok itu serta seorang penyandang dana yang dituduh memperkuat jumlah anggota kelompok itu dengan pejuang asing.

Departemen Luar Negeri pada Senin (22/11/2021) memasukkan nama para pemimpin ISIS Khorasan, Sanaullah Ghafari, Sultan Aziz Azam dan Maulawi Rajab, dalam Daftar Teroris Global.

Dikutip dari VOA News, Selasa (23/11/2021), tindakan tersebut memungkinkan AS untuk mencegah mereka dan orang-orang dekat mereka mengakses uang dan aset yang bersentuhan dengan sistem keuangan negara Paman Sam itu.

Sanaullah Ghafari, atau dikenal dengan Sanaullah atau Shahab al-Muhajir, telah memimpin ISIS Khorasan sejak Mei 2020, ketika pasukan pemerintah menangkap pendahulunya.

Informasi intelijen yang dibagikan kepada para pejabat kontraterorisme Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) awal tahun ini mengindikasikan Ghafari beroperasi di wilayah Kabul, di mana kelompok itu mendirikan sebuah jaringan sel tidur yang kuat.

Selain itu, Departemen Keuangan AS pada Senin (22/11/2021) memberikan sanksi pada Ismatullah Khalozai, menggambarkannya sebagai seorang penyandang dana dan fasilitator utama bagi ISIS Khorasan.
 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in