Pasukan Dukungan AS Gagalkan Pembobolan Penjara ISIS di Suriah

Nusantaratv.com - 09/11/2021 15:07

SDF telah menahan lebih dari 10.000 anggota ISIS. (Net)
SDF telah menahan lebih dari 10.000 anggota ISIS. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pasukan keamanan lokal Suriah yang berafiliasi dengan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung Amerika Serikat (AS) mengatakan mereka berhasil menggagalkan rencana yang diduga dilakukan kelompok ISIS untuk melakukan serangan terhadap penjara yang menahan para pejuang IS (Islamic State) di kawasan timur laut Suriah.

Operasi itu, yang dilakukan pada Senin (8/11/2021) dini hari waktu setempat, berlangsung di provinsi timur Deir al-Zour, kata pasukan keamanan internal SDF.

"Setelah pasukan kami menerima informasi intelijen kelompok teroris yang berafiliasi dengan ISIS di wilayah Deir al-Zour berencana memulai serangan ke penjara Sina'a di Hasaka, unit anti-teror kami dengan dukungan dari koalisi internasional mampu mengidentifikasi lokasi komplotan itu dan melakukan operasi untuk melawannya," kata SDF dalam pernyataannya, seperti dikutip dari VOA News, Selasa (9/11/2021).

Dalam insiden baku tembak, seorang anggota ISIS dilaporkan tewas, dan seorang lainnya terluka, serta empat lainnya ditangkap, tambah pernyataan itu. SDF menyebutkan terdapat puluhan senjata api, roket dan alat peledak buatan serta amunisi juga disita dalam operasi itu.

Tanpa memberikan rincian lebih lanjut, koalisi juga mengatakan satu anggota ISIS tewas dan tiga lainnya ditahan dalam operasi gabungan dengan SDF di Deir al-Zour. SDF adalah aliansi militer pimpinan Kurdi yang bermitra utama dengan AS dalam perang melawan ISIS di Suriah.

Sejak ISIS mendeklarasikan kekalahan pada Maret 2019, SDF telah menahan lebih dari 10.000 anggota ISIS, termasuk sekitar 2.000 warga negara asing yang telah bergabung dengan kelompok teroris itu. Dan, sebagian dari mereka ditahan di penjara Sina'a di Hasaka, di mana militan ISIS diduga merencanakan pembobolan penjara.

Dalam beberapa tahun terakhir, narapidana ISIS telah melakukan segala upaya untuk melarikan diri dari pusat penahanan yang dikuasai SDF di kawasan timur laut Suriah, namun tidak satu pun dari mereka yang berhasil.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in