Aktor Leonardo DiCaprio Namanya Disematkan Untuk Spesies Pohon Baru di Kamerun

Nusantaratv.com - 10 Januari 2022

Aktor Leonardo DiCaprio saat berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh. (net)
Aktor Leonardo DiCaprio saat berkunjung ke Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh. (net)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Keseriusan serta totalitas aktor Leonardo DiCaprio dalam memperjuangkan pelestarian alam sudah tak diragukan lagi. Gegara kepeduliannya terhadap keberlangsungan alam itulah, nama Leonardo DiCaprio disematkan untuk  nama spesies pohon baru yang ditemukan di negara Kamerun.

Peneliti di Royal Botanic Gardens of Kew, London memberi nama spesies pohon itu dengan nama Uvariopsis dicaprio.

Pohon Leo ini baru ditemukan dan hanya tumbuh di hutan Kamerun sehingga terancam punah.

Pohon cemara kecil ini punya bunga kuning yang tumbuh di batangnya dan dianggap sebagai anggota tanaman kenanga.

"Kami pikir (DiCaprio) krusial dalam membantu menghentikan penebangan hutan Ebo," kata Dr. Martin Cheek kepada BBC, mengutip Antaranews.

Hutan Ebo, salah satu hutan hujan terbesar di Afrika Tengah, akan ditebang sebelum DiCaprio menggunakan media sosial untuk menyuarakan diri dalam menentang inisiatif itu, di tengah para pakar internasional menulis surat kepada pemerintah mendokumentasikan pelestarian flora dan fauna. Selain flora dan fauna unik di hutan, gorila, simpanse dan gajah juga hidup di sana.

Pohon Leo adalah tanaman pertama yang dinamakan oleh peneliti Kew pada 2022.

Pemenang Oscar DiCaprio telah lama vokal soal perubahan iklim dan lingkungan. DIa baru-baru ini membintangi film Netflix "Don't Look Up" yang mengisahkan akhir dunia dari komet mematikan yang menuju planet.

Yayasan DiCaprio yang dibangun sejak 1998 telah melindungi gajah di Afrika hingga menjaga beberapa habitat alami California.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])