Yuk, ke Planetarium Jakarta!

Planetarium dibangun dan digagas langsung oleh Presiden Soekarno. Didukung oleh para pakar keastronomian Institut Teknologi Bandung, Planetarium ini mulai dibangun...

Planetarium Jakarta

Nusantaratv.com - Taman Ismail Marzuki (TIM) menjadi salah satu tempat wisata edukasi yang ada di Jakarta. Di TIM ini, terdapat Planetarium yang merupakan wahana simulasi perbintangan dan benda-benda langit. 

Planetarium dibangun dan digagas langsung oleh Presiden Soekarno. Didukung oleh para pakar keastronomian Institut Teknologi Bandung, Planetarium ini mulai dibangun tahun 1964 dan diresmikan pada tahun 1968.

Apa saja yang ada di Planetarium Jakarta? Yuk kita lihat ulasannya.

Planetarium Jakarta
Planetarium Taman Ismail Marzuki terletak di Jalan Cikini Raya No.73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Di sini para pengunjung akan disuguhkan tentang simulasi benda-benda langit seperti bintang, planet, meteor dan yang lainnya.

Daya Tarik Planetarium Jakarta
Arsitektur bangunan di Planetarium Jakarta terkesan cukup unik. Berlibur ke tempat ini
selain menyenangkan kita juga akan mendapatkan banyak manfaat karena bertambahnya pengetahuan.

Baca Juga: Penawaran Paket Bersekolah dan Bekerja dari Destinasi Wisata

Meskipun tidak menyediakan wahana permainan, liburan ke Planetarium Jakarta tetap menarik dan tidak membosankan. Para pengunjung akan disuguhkan perihal keajaiban alam semesta, khususnya yang menyangkut luar angkasa. 

Taman Ismail Marzuki

Ada berbagai macam atraksi dan kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Planetarium Jakarta. Berikut ini diantaranya :

1. Pertunjukan Benda Langit di Teater Bintang

Selama kurang lebih 60 menit Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan pertunjukan benda-benda langit di teater bintang ini.

Baca Juga: Kemenparekraf Ajak Nakes Berwisata untuk Lepas Penat

Ruangan ini diatur layaknya sebuah bioskop dengan layar perthttps://www.nusantaratv.com/ri-bakal-borong-pesawat-tempur-f-15-ex-buatan-boeingunjukan diposisikan di bagian langit-langit ruangan dan dibentuk seperti kubah.

Dengan posisi penonton berada di bawah, menyaksikan pertunjukan di teater ini persis seperti kita sedang melihat bintang-bintang di langit asli.

2. Galeri Astronomi

Di ruangan ini Anda akan menemukan berbagai macam benda-benda di luar angkasa lengkap dengan rincian informasi yang akan memudahkan Anda untuk mempelajarinya.

Salah satu teleskop di TIM

Di dalam ruangan berbentuk terowongan ini, Anda akan disuguhi pameran benda-benda dan peralatan astronomi seperti gambar-gambar bintang, pecahan batu meteor hingga pakaian astronot.

Bahkan, koleksi meteorit yang pernah jatuh di Indonesia pada tahun 1975 pun bisa Anda lihat di ruangan ini.

3. Teleskop Observatorium

Planetarium Jakarta bukan hanya dijadikan sebagai tempat pameran saja, namun di saat-saat tertentu, tempat ini juga sering menjadi lokasi observasi benda-benda langit dan fenomena astronomi yang dilakukan secara terbuka dan bisa dilihat langsung oleh masyarakat umum.

Berbagai macam teleskop untuk mengamati bintang-bintang juga terdapat di sini. Biasanya teleskop-teleskop ini digunakan oleh para petugas untuk meneropong bintang atau fenomena astronomi. Seperti menjelang bulan Ramadhan atau Hari Raya Idul Fitri, salah satu teropong di sini oleh petugas biasa digunakan untuk melihat hilal.

Baca Juga: RI Bakal Borong Pesawat Tempur F-15 EX Buatan Boeing

Teleskop untuk melihat hilal tersebut namanya teleskop Asko. Tehttps://www.nusantaratv.com/strategi-tingkatkan-pariwisata-di-tengah-pandemileskop ini merupakan teleskop reflektor yang menggunakan cermin berdiameter 32 centimeter.

Lalu ada juga teleskop Takahashi. Ini juga teleskop reflektor yang memiliki diameter 16 centimeter.

Kemudian ada juga namanya teleskop Coude dengan diameter 15 centimeter yang bisa Anda lihat.

Ruang pertunjukkan di Planetarium Jakarta

Jam Buka Planetarium Jakarta

Jam buka Planetarium Jakarta dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB setiap harinya kecuali hari Senin.

Hari Jam Buka
Selasa – Minggu 08.00 – 15.00 WIB
Dari Selasa hingga Kamis, Anda bisa berkunjung dan mempelajari semua hal mengenai perbintangan pada jam operasional Planetarium Jakarta tersebut.

Namun untuk pertunjukan atau atraksi yang diadakan di Planetarium Jakarta ini memiliki jadwal tertentu yang dibagi dalam 3 sesi setiap harinya.

Jadwal pertunjukan Planetarium Jakarta bisa Anda lihat di bawah ini :

Hari (Pengujung) Jadwal Pertunjukan
Selasa – Jum’at (Rombongan) 09.30 WIB (Sesi 1) – 13.30 WIB (Sesi 2)
Sabtu – Minggu dan Hari Libur Nasional (Individu) 09.00 WIB (Sesi 1) – 12.00 WIB (Sesi 2) – 15.30 WIB (Sesi 3)
Perlu diketahui bahwa jadwal pertunjukan untuk individu dan rombongan dibeda-bedakan harinya.

Jadi kalau Anda akan datang bersama rombongan, maka datanglah pada hari Selasa sampai Jum’at, sedangkan untuk yang datang seorang diri, maka datanglah pada hari Sabtu dan Minggu atau di hari-hari libur nasional dan cuti bersama.

Dengan mengetahui jadwal pertunjukan tersebut, Anda mungkin bisa mengatur waktu keberangkatan agar tidak telat saat sampai di lokasi.

Tiket masuk Planetarium

Harga Tiket Masuk Planetarium Jakarta

Untuk dapat menyaksikan atraksi ataupun pertunjukan di Planetarium Jakarta, para pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket masuk Planetarium Jakarta.

Harga tiket masuknya bisa Anda lihat pada tabel berikut ini :

Jenis Tiket Harga
Perorangan Rp7000 (Anak-anak) – Rp12.000 (Dewasa)
Rombongan Rp5000 (Pelajar) – Rp12.000 (Masyarakat Umum)
Sebagai tambahan informasi, untuk tiket rombongan hanya berlaku jika rombongan berjumlah minimal 100 orang.

Baca Juga: Strategi Tingkatkan Pariwisata di Tengah Pandemi

Fasilitas Planetarium Jakarta
Fasilitas umum yang ada di Planetarium Jakarta sudah tersedia dengan cukup lengkap. Di tempat ini Anda akan mendapati beberapa fasilitas diantaranya area parkir, toilet, ruang tunggu, AC di setiap ruangan, bak sampah, dan tempat ibadah.

like
dislike
love
funny
angry
sad
wow
Login dengan
LIVE TV & NETWORK