Kemenpar Rancang 3 Strategi Majukan Pariwisata Indonesia

Kemenpar merencanakan tiga strategi guna meningkatkan SDM pariwisata di Indonesia.
Kemenpar Rancang 3 Strategi Majukan Pariwisata Indonesia
Menpar Arief Yahya/ Kemenpar

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyatakan bahwa ada tiga strategi yang tengah dilakukan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata di Indonesia.

Pertama yaitu curriculum peningkatan SDM Pariwisata yang mengacu pada standar global baik dari sisi lulusan, dosen, dan institusinya. Standar internasional kurikulum yang dimaksud mengacu pada TedQual Certification dari UNWTO yang dikenal sangat bergengsi.

Kedua Certification yang di maksud adalah 100% lulusan SDM Pariwisata harus mendapatkan sertifikasi berskala ASEAN yaitu MRA-TP (Mutual Recognition Arrangement for Tourism Professional). Tahun 2014 SDM pariwisata yang sudah tersertifikasi ada sekitar 125 ribu, tahun 2019 akan meningkat menjadi 500 ribu orang.

Sedangkan yang terakhir adalah Center of Excellence yaitu keenam PTN-Pariwisata yang sudah memiliki spesialisasi tertentu dan mengacu pada resources dan advantages. STP Bali diarahkan jadi center of excellence cultural tourism. STP NHI Bandung jadi center of excellence halal tourism, Poltekpar Lombok jadi center of excellence culinary tourism, Poltekpar Makassar center of excellence wisata maritim, Poltekpar Palembang center of excellence sports tourism, Poltekpar Medan center of excellence wisata geopark.