Ingin Mendaki Gunung, Harus Ingat 5 Hal Ini Terlebih Dahulu

Ingin Mendaki Gunung, Harus Ingat 5 Hal Ini Terlebih Dahulu
Pendaki wanita saat berada di jalur pendakian/ @lulukartikawati

Jakarta, Nusantaratv.com - Memasuki musim kemarau tentu menjadi saat yang tepat untuk menikmati suasana alam di pegunungan. Selain meminimalisir terjadinya cuaca buruk, musim kemarau juga jadi momen yang tepat untuk memandang gunung tanpa terganggu kabut tebal.

Namun sebelum mendaki gunung, ada beberapa persiapan fisik yang harus kamu lakukan mengingat pendakian merupakan aktivitas berat. Berikut ini adalah 5 olahraga yang harus rutin kamu lakukan sebelum mendaki gunung: 

1. Jogging
Olahraga ini bertujuan untuk meningkatkan stamina yang sangat dibutuhkan untuk perjalanan mendaki selama berjam-jam.

2. Bersepeda
Agar olahraga ini semakin efektif dalam membangun stamina dan kekuatan tubuh, bersepedalah di jalan yang menanjak.

3. Push up
Menopang bawaan yang banyak membuat tas carrier semakin berat sehingga dibutuhkan kemampuan bahu yang kuat untuk bisa membawanya.

4. Berenang
Lakukan olahraga renang setidaknya dua kali seminggu agar napas semakin teratur saat mendaki. Meski ditujukan untuk pernapasan, berenang ternyata juga bermanfaat untuk melatih otot tangan dan kakimu secara bersamaan.

5. Pendinginan dan Peregangan
Peregangan berguna untuk melatih fleksibilitas otot agat tidak mudah cedera. Peregangan juga bermanfaat untuk sarana relaksasi otot agar tidak kaku sehingga nyaman digunakan untuk aktivitas fisik.