Fenomena Air Laut Terbelah di Indonesia

Fenomena Air Laut Terbelah di Indonesia
Fenomena Air Laut Terbelah di Indonesia
Indahnya pulau Dodola bertambah indah saat terjadi fenomena laut terbelah./gramha.net

Nusantaratv.com - Melihat fenomena laut terbelah pikiran kita tentu akan langsung tertuju pada kisah Nabi Musa beserta pengikutnya saat berlari menghindari kejaran Fir’aun dan bala tentaranya. Singkat cerita pelarian tersebut lalu membawa Nabi Musa dan para pengikutnya sampai di tepi laut merah.

Di sana, Musa pun diberi sebuah mukjizat. Ia dapat membelah laut hanya dengan mengetukkan tongkat. Alhasil, berkat mukjizat laut terbelah Nabi Musa dan para pengikutnya selamat dari kejaran bala tentara Fir'aun. Sementara Fir’aun dan bala tentaranya mati tenggelam di laut merah.

Fenomena laut terbelah ini ternyata juga dapat dijumpai di Indonesia. Di beberapa lokasi pantai di Indonesia fenomena air laut terbelah pun ada.  Yaitu manakala air laut surut, maka seakan air laut terbelah menjadi dua bagian, muncul daratan di antara dua lautan tersebut. Dengan begitu, para wisatawan yang datang ke pantai tersebut dapat berjalan di antara dua bibir pantai.

Penasaran pantai mana saja? Berikut 3 lokasi pantai terbelah di Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi sehingga dapat menjadi referensi wisatamu di musim liburan nanti.

1. Pantai Lariti, Bima, Nusa Tenggara Barat.


Pantai Lariti di Desa Soro, Kabupaten Bima/abdiphotographi.wordpres.com

Pantai ini terletak di Desa Soro, Kecamatan Lambu Sape, Kabupaten Bima. Sekitar pukul 16.00-18.00 WITA dan 03.00-07.00 WITA, pantai ini mengalami pasang surut. Pada saat itu, kamu akan mendapati fenomena laut yang tampak terbelah dua selebar 20 m.

 

2. Pantai Ngurtafur, Kepulauan Kei, Maluku Tenggara.

 

Pantai Ngurtafur/berjalanterus.com

 

Pantai Ngurtafur ini memiliki pasir timbul atau disebut juga dengan Pulau Gosong yang mengarah ke tengah laut sepanjang 2 km. Tak hanya bisa menikmati hamparan pasir putih yang terbentang luas, di pantai ini kamu juga bisa melihat kawanan burung bangau yang beristirahat. Bila beruntung, kamu pun akan melihat kawanan penyu belimbing.

 

3. Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar, Morotai Maluku Utara.

Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar, terhubung berkat fenomena air laut terbelah dikala surut./berjalanterus.com

Laiknya sebuah jembatan, pasir putih yang muncul saat air sedang pasar surut membuat kedua pulau ini saling terhubung. Selain bisa berjalan di tengah laut, di pulau ini kamu pun dapat melakukan kegiatan snorkling dan diving. Tercatat, di Pulau Dodola ini terdapat 13 titik penyelaman yang menawarkan keindahan bawah laut yang menawan. (brilio.net)