Danau Toba Dijadikan Destiansi Unggulan Oleh Presiden Jokowi

Presiden Jokowi terlihat mengunjungi berbagai destinasi di sekitar Danau Toba saat meresmikan Danau Toba menjadi destinasi wisata unggulan. Danau indah di Sumatra Utara itu memang telah lama jadi destinasi wisata favorit.
Danau Toba Dijadikan Destiansi Unggulan Oleh Presiden Jokowi
Panorama danau Toba, mengundang decak kagum bagi siapa yang berkunjung kesana./maritim.go.id

Nusantaratv.com - Presiden Jokowi terlihat mengunjungi berbagai destinasi di sekitar Danau Toba saat meresmikan Danau Toba menjadi destinasi wisata unggulan. Danau indah di Sumatra Utara itu memang telah lama jadi destinasi wisata favorit.

Danau Toba amat lekat dengan kisah pernikahan seorang petani dan ikan. Kisah yang telah diceritakan turun-temurun itu dipercaya sebagai awal mula terbentuknya danau luas nan indah itu.

Namun, dari data geologi diketahui bahwa Danau Toba terbentuk dari letusan gunung berapi jenis super volcano yang terjadi sekitar 77 ribu tahun silam. Saking dahsyatnya letusan itu, iklim dunia pun ikut terpengaruh. Kekuatan letusan Toba ketika itu diperkirakan mencapai ribuan kali letusan pada gunung berapi normal.

Di balik kisah legenda dan fakta geologi tersebut, Danau Toba layak banget kamu masukkan ke daftar perjalanan impian kamu. Berikut 4 alasan kamu harus melancong ke Danau Toba.


1. Alam yang indah dan menghanyutkan


Dua bukit mengapit Lembah Bakkara. (foto: Instagram @Zul.drus)

Letusan mahadahsyat super volcano di Toba membentuk danau indah dengan Pulau Samosir di tengahnya. Keindahan Toba membuat kawasan yang dikelilingi tujuh kabupaten ini jadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia.

Pemadangan indah menghijau dan hamparan danau nan luas bisa jadi amat melenakan dan menghanyutkan lo. Buat kamu yang mencari liburan pelepas penat dan penyegar pikiran, Danau Toba merupakan destinasi yang pas.

Di sekitar danau ada beberapa destinasi yang menawarkan keindahan alam, salah satunya Lembah Bakkara di Kabupaten Humbang Hasundutan. Lembah yang diapit dua bukit indah ini menawarkan wisata alam dan sejarah yang pastinya akan menyegarkan pikiran kamu.

Bagi kamu yang suka berfoto di tempat yang Instagramable, ada Puncak Sidiangkat yang punya sarang burung di ketinggian.

Dari kabupaten mana pun kamu memilih menikmati Toba, semuanya indah dan melenakan.


2. Udara nan sejuk

Terdapat replika kincir angin di hotel ini. (Foto: traveloka.com)

Keindahan alam Danau Toba berpadu sempurna dengan kesejukan udara. Suasana tenang makin bikin kamu terhanyut dengan semilir angin yang bertiup. Itulah yang membuat suasana ataupun udara alam sekitar Danau Toba tidak kalah dengan Eropa.

Tak hanya udara sejuk yang sebanding dengan Eropa, beberapa destinasi juga terasa amat Belanda. Di Hotel Inna Prapat, kamu bisa melihat kincir khas Belanda. Benar-benar berasa Eropa.


3. Panorama Alam


Panorama Danau Toba seperti membawa wisatawan ke dunia lain. (foto: Instagram @tancy_520)

Berlibur ke Danau Toba terasa masuk ke dunia yang berbeda. Suasana tenang, angin semilir, dan hamparan hijau amat kontras dengan keseharian kota besar yang hiruk pikuk. Itulah mengapa Danau Toba pas banget dikunjungi oleh kamu yang sehari-harinya disibukkan dengan kemacetan dan hirukpikuk kendaraan seperti di Jakarta, Danau Toba cocok untuk ‘menghilang’ sejenak dari rutinitas keseharian.

Panorama alam, seperti danau, pulau di tengah danau, serta lereng bukit akan membuat kamu terpaku. Terpesona. Uniknya lagi, danau yang memiliki luas 2 kali lipat Negara Singapura ini sebenarnya berada di puncak gunung berapi raksasa yang tak lagi aktif sejak 75 ribu tahu lalu. Kamu bisa menikmati panorama indah itu dengan berenang, mengarungi danau, atau hiking di bukit sekitar danau.

4. Kehangatan warga Danau Toba


Warga Batak di sekitar Danau Toba siap menyambut dengan keramahan. (foto: Instagram @risma_crosbin)

Di danau Toba, kamu tak hanya akan disambut panorama keindahan alam, tetapi juga dengan keramahan masyarakat Toba. Tradisi adat istiadat warga Batak Toba akan membuat kamu jatuh cinta. Bahkan, kamu bisa mendalami atau sekadar mengetahui tradisi di sana. Warga asli Samosir akan dengan senang hati berbagi kisah.


Waktu Terbaik Berkunjung

Datanglah di bulan Mei, kala musim panas.(foto: instagram@Iqbal_Gondrong_)

Meskipun Danau Toba selalu siap menyambut wisatawan, kamu perlu memperhitungkan waktu terbaik untuk melancong ke sana. Sesuaikan waktu berkunjung dan tujuanmu melancong ke sana. Jika kamu ingin berlibur menikmati festival, sebaiknya datang di September hingga November.

Sementara itu, jika kamu hanya ingin bersantai dan hanyut dalam keindahan Danau Toba, berkunjunglah pada Mei hingga September. Pasalnya, di bulan tersebut, cuaca sedang musim kemarau. Dengan begitu, kunjunganmu enggak terganggu hujan. Mei merupakan bulan terbaik mengingat kondisi suhu di lokasi wisata yang sejuk dan kondusif.

Bagaimana, sudah siap menyambangi Danau Toba?(Merahputih.com)