Viral, Seorang Balita 14 Bulan, 3 Hari Peluk Ayahnya Yang Sudah Meninggal

Bayi usia 14 bulan ditemukan memeluk jenazah ayahnya di dalam rumah terkunci tengah menggegerkan warga Jember, Jawa Timur, Rabu (14/8/2019). Balita 1,2 tahun itu menemani jenazah ayahnya yang sudah meninggal selama 3 hari tanpa makan dan minum.
Viral, Seorang Balita 14 Bulan, 3 Hari Peluk Ayahnya Yang Sudah Meninggal
Seorang ayah tidur bersama bayinya (ilustrasi)./haibunda.com

Nusantaratv.com - Bayi usia 14 bulan ditemukan memeluk jenazah ayahnya di dalam rumah terkunci tengah menggegerkan warga Jember, Jawa Timur, Rabu (14/8/2019). Balita 1,2 tahun itu menemani jenazah ayahnya yang sudah meninggal selama 3 hari tanpa makan dan minum.

Namun, balita itu bisa bertahan hidup meskipun ditemukan dalam kondisi memprihatikan. Warga menemukan dengan kulit jenazah ayahnya yang sudah membusuk menempel di pipi dan wajahnya.

Warga menemukan mereka saat mendengar suara tangisan balita 1,2 tahun ini. Umi Kalsum, bidan setempat pun langsung menyelamatkan sang bayi yang sudah tidak makan dan minum selama 3 hari.

“Anak ini saya beri air gula karena dehidrasi. Ia sempat muntah dan langsung dimandikan oleh suami saya. Setelah itu saya beri susu karena dia lapar,” ucap Umi Kalsum.

Dehidrasi merupakan suatu kondisi saat tubuh kehilangan air setiap hari. Tentu saja kondisi ini berpotensi sangat berbahaya, terutama dalam kasus bayi dan balita.


Seorang balita setelah berhasil diselamatkan dari pelukan sang ayah yang telah meninggal.  (inews.id)

Dehidrasi parah dapat menyebabkan kematian. Dehidrasi terjadi karena kehilangan air dan elektrolit yang berlebihan dari tubuh.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mempunyai data yang menunjukkan dehidrasi, terutama yang disebabkan oleh diare menjadi penyebab terbesar kematian anak-anak di seluruh dunia.

Oleh karenanya jika anak Anda mengalami dehidrasi ringan hingga sedang, Anda harus segera mengobati dehidrasi anak sebelum berakibat fatal.


Balita yang berhasil diselamatkan. (news.detik.com)

Anda juga mesti segera mengunjungi dokter jika kondisi dehidrasi anak semakin parah. Adapun tanda-tanda fisik berikut yang harus diwaspadai antara lain:

  1.     Bernapas cepat
  2.     Peningkatan denyut jantung
  3.     Kelesuan atau kelemahan
  4.     Kegelisahan atau mudah marah
  5.     Mata cekung

Selalu waspada ketika anak Anda menunjukkan gejala dehirasi, ya!(himedik.com)