Presiden Iran Minta Turki Hentikan Aksi Militer di Suriah Utara

Presiden Iran Hassan Rouhani meminta Turki untuk menunjukkan pengekangan dan menghindari aksi militer di Suriah utara, ketika pasukan Ankara siap untuk maju ke suatu daerah di sana sedang dikosongkan oleh militer A.S.
Presiden Iran Minta Turki Hentikan Aksi Militer di Suriah Utara
Presiden Iran, Hassan Rouhani (time magazine)

Teheran, Nusantaratv.com - Presiden Iran Hassan Rouhani meminta Turki untuk menunjukkan pengekangan dan menghindari aksi militer di Suriah utara, ketika pasukan Ankara siap untuk maju ke suatu daerah di sana sedang dikosongkan oleh militer A.S. 

Ketika Rouhani berbicara, Angkatan Darat Angkatan Darat Iran memulai latihan militer tanpa pemberitahuan di barat laut negara yang berbatasan dengan Turki, Kantor Berita Mahasiswa Iran ISNA melaporkan. 

"Kami telah secara terbuka mengatakan bahwa satu-satunya solusi untuk memastikan keselamatan dan keamanan di Turki selatan dan Suriah utara adalah kehadiran tentara Suriah," kata kantor berita IRNA mengutip Rouhani pada hari Rabu. 

Baca Juga : Jepang Selamatkan 60 Anggota Awak Kapal Korut

 Iran, seperti Turki, adalah rumah bagi populasi etnis Kurdi yang besar dan Rouhani menyatakan pemahaman untuk keprihatinan Turki tentang keamanan di perbatasannya. 

"Tujuan latihan militer adalah untuk mengevaluasi kesiapan tempur unit-unit militer dan mobilitas dan kelincahan mereka di medan perang," kata ISNA. 

 

 

Sumber : Reuters 

Terjemahan : (NTV/Cal)