Pasukan Turki Akan Melintasi Perbatasan Suriah, Mau Apa?

Pasukan Turki bersama dengan pemberontak Tentara Suriah akan melintasi perbatasan Suriah sesegera mungkin.
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (time.com)

Ankara, Nusantaratv.com - Pasukan Turki bersama dengan pemberontak Tentara Suriah akan melintasi perbatasan Suriah sesegera mungkin. Hal itu diungkapkan direktur komunikasi Presiden Tayyip Erdogan, Rabu (9/10/19) sebagai penarikan mendadak atas pasukan AS yang membuat jalan untuk serangan Turki. 

Turki telah bersiap untuk maju ke timur laut Suriah sejak pasukan AS mulai mengosongkan daerah itu dalam perubahan kebijakan mendadak oleh Presiden AS Donald Trump dikritik secara luas di Washington sebagai pengkhianatan sekutu Amerika, Kurdi.

 Ajudan Presiden Erdogan Fahrettin Altun mengatakan bahwa pejuang dari milisi Kurdi YPG di Suriah  harus menghentikan mereka dari mengganggu perjuangan Turki melawan militan Negara Islam. 

Bagi Turki, yang memandang para pejuang YPG Kurdi di timur laut Suriah sebagai teroris karena hubungan mereka dengan para militan mengobarkan pemberontakan di Turki, gelombang masuk warga Suriah non-Kurdi akan membantunya mengamankan penyangga terhadap ancaman keamanan utamanya.

1 / 2
Selanjutnya