Pasukan Israel Lukai 67 Warga Palestina di Perbatasan Gaza

Para pengunjuk rasa tengah mengambil bagian dalam acara mingguan Pawai Akbar Kepulangan di perbatasan jalur Gaza-Israel
Pasukan Israel Lukai 67 Warga Palestina di Perbatasan Gaza
Warga berada di perbatasan Palestina-Israel. (istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Setidaknya 67 warga Palestina cedera akibat peluru tajam dan peluru karet yang ditembakkan tentara Israel ketika pasukan itu menyerang ribuan pengunjuk rasa. 

Para pengunjuk rasa ini tengah mengambil bagian dalam acara mingguan Pawai Akbar Kepulangan di perbatasan jalur Gaza-Israel. Menurut sumber medis setempat.

Dilansir dari WAFA, Sabtu (17/8/2019), pasukan yang menjaga pagar pemisah melepaskan tembakan dengan peluru tajam dan peluru karet ke arah para demonstran yang berkumpul di banyak kamp di sepanjang perbatasan.

Akibatnya, sebanyak 34 demonstran cedera akibat terkena peluru tajam, sedangkan 33 orang lainnya terkena peluru karet.

Sementara itu, puluhan demonstran mengalami sesak nafas akibat menghirup gas air mata yang ditembakkan pasukan Israel. Sebagian orang yang terluka dibawa ke rumah sakit dan yang lainnya dirawat di rumah sakit lapangan.

Lebih dari 300 warga Palestina tewas dan sekitar 17.500 lainnya terluka oleh pasukan Israel sejak pecahnya protes Pawai Akbar Kepulangan di perbatasan Gaza meletus pada 30 Maret 2018.

Protes mingguan itu sebagai bentuk seruan bagi pencabutan blokade Israel atas Jalur Gaza serta bagi kepulangan pengungsi Palestina ke tempat tinggal nenek moyang mereka di Palestina sebelum 1948.