Mantan Presiden Sudan Didakwa Lakukan Korupsi

Penuntut menuduhnya memiliki mata uang asing, menerima hadiah secara tidak resmi," kata jaksa penuntut Alaa al-Din Abdallah kepada wartawan seperti dilansir Reuters.
Mantan Presiden Sudan Didakwa Lakukan Korupsi
Bendera Sudan

Jakarta, Nusantaratv.com -Mantan presiden Sudan Omar al-Bashir didakwa melakukan pelanggaran terkait korupsi pada Minggu (16/6/19) saat ia tampil di depan umum untuk pertama kalinya sejak ia digulingkan pada bulan April.

 

Mengenakan jubah putih tradisional dan turban, ia dibawa ke kantor kejaksaan di Khartoum. 

 

Terlihat sama seperti sebelum pemecatannya, dia berjalan dengan cepat dari kendaraan ke gedung, tersenyum dan berbicara dengan para penjaga yang mengawalnya. Beberapa menit kemudian dia keluar dengan cemberut setelah jaksa membacakan tuduhan yang dia hadapi.

 

"Penuntut menuduhnya memiliki mata uang asing, menerima hadiah secara tidak resmi," kata jaksa penuntut Alaa al-Din Abdallah kepada wartawan seperti dilansir Reuters. 

 

 

Dia mengatakan Bashir diberi kesempatan untuk menanggapi dakwaan tersebut. Pengacaranya menolak menjawab pertanyaan wartawan.

 

Militer menggulingkan dan menahan Bashir pada 11 April setelah 16 minggu protes di jalan terhadap pemerintahannya selama 30 tahun. Dia ditahan di penjara di Khartoum Utara, di seberang Sungai Nil Biru dari pusat ibukota.

 

Sumber : Reuters 

Terjemahan : (NTV/Cal)