Iran Sebut Rouhani Tak Akan Bertemu Trump dalam Forum PBB

Iran mengatakan pada Senin (16/9/19) bahwa Presiden Hassan Rouhani tidak akan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump dalam forum PBB, sehari setelah Gedung Putih membiarkan kemungkinan pembicaraan di antara mereka.
Iran Sebut Rouhani  Tak Akan Bertemu Trump dalam Forum PBB
Bendera Iran (New York Times)

Teheran, Nusantaratv.com - Iran mengatakan pada Senin (16/9/19) bahwa Presiden Hassan Rouhani tidak akan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump dalam forum PBB, sehari setelah Gedung Putih membiarkan kemungkinan pembicaraan di antara mereka. 

“Acara seperti itu tidak ada dalam agenda kami, juga tidak akan terjadi. Pertemuan semacam itu tidak akan terjadi, "kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Abbas Mousavi. 

Para pejabat Iran telah berulang kali menolak pertemuan dan pembicaraan dengan Washington sementara Iran dikenai sanksi, yang ditegakkan kembali oleh Trump setelah menarik tahun lalu dari perjanjian nuklir Teheran tahun 2015 dengan kekuatan dunia. 

Baca Juga : Miris, Studi Menunjukan Empat Gadis Diperkosa Tiap Satu Jam di Brazil

Iran sebelumnya mengutuk tuduhan AS yang mengatakan bahwa Iran berada di balik serangan terhadap pabrik minyak Saudi, setelah Amerika Serikat mengatakan "dikunci dan dimuat" untuk tanggapan potensial. 

Serangan itu diklaim oleh pemberontak Houthi yang bersekutu dengan Iran di Yaman. 

“Menghentikan semua sanksi adalah prasyarat yang sangat diperlukan untuk diplomasi konstruktif. Kami mengadakan pertemuan ketika kami yakin bahwa masalah rakyat kami dapat diselesaikan, ”kata juru bicara pemerintah Ali Rabiei, menurut kantor berita semi-resmi Tasnim.

 "Sanksi harus dicabut, dan Amerika Serikat harus menghormati negara Iran," kata Rabiei. 

Penasihat Gedung Putih Kellyanne Conway mengatakan pada hari Minggu bahwa serangan hari sebelumnya “tidak membantu” prospek untuk pertemuan antara kedua pemimpin selama Majelis Umum PBB bulan ini, tetapi ia membiarkan kemungkinan pertemuan bisa terjadi.

Sumber : Reuters 
Terjemahan : (NTV/Cal)