Tim WHO Kunjungi Pasar Huanan Asal Covid-19

Akses publik ke pasar grosir makanan laut Huanan telah dibatasi sejak ditutup pada awal tahun lalu.

Tim ahli yang dipimpin organisasi kesehatan dunia/WHO yang menyelidiki asal-usul covid-19 pada Minggu (31/1/2021) mengunjungi pasar Huanan pusat makanan laut grosir yang sekarang ditutup di kota Wuhan, China. Seperti diketahui pasar tersebut merupakan tempat pertama covid-19 awalnya terdeteksi. 

Tim tiba di Huanan di tengah keamanan yang ketat. Barikade tambahan didirikan di luar pagar biru tinggi yang mengelilingi pasar. Mereka datang dalam konvoi selama sekitar satu jam. Akses publik ke pasar grosir makanan laut Huanan telah dibatasi sejak ditutup pada awal tahun lalu. Sebelum tutup pasar dipadati dengan ratusan kios yang dibagi menjadi beberapa bagian untuk daging, makanan laut dan sayuran. Pasar itu sekarang berdiri sebagai tengara di kota yang trauma sebagai episentrum asli dari apa yang menjadi pandemi.

Sejak dibebaskan dari karantina dua minggu pada Kamis (28/1/2021) tim telah mengunjungi rumah sakit dan pasar serta pameran memperingati pertempuran Wuhan melawan virus termasuk penguncian 76 hari di kota berpenduduk 11 juta jiwa tersebut. WHO yang telah berusaha mengatur ekspektasi untuk misi ini pada Jumat (29/1/2021) mengatakan bahwa anggota tim akan dibatasi pada kunjungan yang diselenggarakan oleh tuan rumah dan tidak akan melakukan kontak dengan anggota komunitas karena pembatasan kesehatan.

Tidak ada jadwal lengkap untuk dua minggu kerja lapangan tim yang telah diumumkan di mana jurnalis yang meliput kunjungan yang dikontrol ketat tersebut telah dijauhkan dari anggota tim. Penyelidikan yang dipimpin WHO di Wuhan telah diganggu oleh penundaan kekhawatiran atas akses dan pertengkaran antara China dan Amerika Serikat yang menuduh China menyembunyikan sejauh mana wabah awal dan mengkritik ketentuan kunjungan di mana para ahli China melakukan tahap pertama penelitian. Asal-usul virus telah menjadi sangat dipolitisasi dan beberapa diplomat China serta media pemerintah telah memberikan dukungan di balik teori bahwa virus tersebut berpotensi berasal dari negara lain.

Nusantara Pagi hadir untuk kebutuhan anda mengenai berita-berita terupdate setiap harinya. Saksikan Nusantara Pagi setiap hari Senin - Jumat jam 06.00 WIB hanya di Nusantara TV 
 

Login dengan
LIVE TV & NETWORK