Survei: 33% Pengguna Android Ingin Beralih ke iPhone Karena iOS Baru

Nusantaratv.com - 20 Agustus 2022

Ilustrasi android / Unsplash
Ilustrasi android / Unsplash

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Fitur keamanan baru yang memulai debutnya dengan rilis iOS 16 yang akan datang tampaknya akan memikat banyak pengguna ponsel.

Menurut survei baru, 33% pengguna Android mempertimbangkan untuk beralih ke iPhone karena apa yang ditawarkan iOS baru tersebut.

Dari mereka yang mempertimbangkan penggantian dari Android ke Apple, 45% mengatakan bahwa persepsi alat keamanan data Apple yang lebih baik adalah alasan utama.

Survei berasal dari Beyond Identity dan diambil dari jajak pendapat 1.003 orang Amerika yang mencakup kebiasaan dan pendapat keamanan ponsel, dengan pembagian yang cukup merata dari 505 responden pengguna Android menjadi 498 pengguna ponsel Apple.

Rilis iOS 16 baru akan menambahkan fitur untuk menghentikan spyware seperti "Mode Penguncian" yang membatasi atau menghentikan aplikasi yang mungkin menimbulkan risiko keamanan.

Apple telah meluncurkan opsi privasi data tambahan dalam beberapa tahun terakhir, juga, memberi pengguna lebih banyak kontrol atas data apa yang mereka bagikan dengan aplikasi pihak ketiga. 

Perasaan aman juga meluas ke layanan cloud Apple tertentu: 20% pengguna Rantai Kunci iCloud mengatakan bahwa mereka merasa “sangat aman”, dibandingkan dengan hanya 13% pengguna Google Pengelola Kata Sandi, sementara 27% pengguna Apple mengatakan bahwa mereka sangat aman dengan menggunakan iCloud, naik dari 22% pengguna Google Drive yang mengatakan hal yang sama.

Menurut hasil survei baru, pengguna Apple lebih cenderung melaporkan tidak pernah mengalami pelanggaran keamanan. Jika mereka memang melihat pelanggaran, mereka masih unggul, karena mereka 20% lebih mungkin untuk sepenuhnya memulihkan data yang hilang daripada pengguna Android yang mengalami serangan.

“Namun, pengguna Apple mungkin merasa sedikit terlalu aman, karena mereka lebih cenderung melaporkan kehilangan ponsel mereka secara teratur, sering kali sebanyak enam kali atau lebih dalam enam bulan terakhir.”

iOS memiliki banyak fitur privasi dan keamanan data dan fitur tersebut tidak akan hilang dalam waktu dekat. Tetapi raksasa teknologi itu juga memiliki sejarah mengumpulkan data, dan banyak ahli berpandangan skeptis bahwa pendekatannya terhadap privasi adalah yang terbaik.

Lebih buruk lagi, satu laporan yang baru saja dirilis menggali ke iOS dan menemukan bahwa bug yang dilaporkan pada tahun 2020 masih belum diperbaiki. Menurutnya, iOS saat ini mencegah VPN apa pun mengenkripsi semua lalu lintas sepenuhnya.  Pada dasarnya, tidak ada VPN yang cukup baik sehingga benar-benar dapat dipercaya di iPhone atau iPad.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])