Punya Fasilitas Canggih, AMD Buka Pusat Penelitian dan Pengembangan Global Terbesar di India

Nusantaratv.com - 04 Desember 2023

Ilustrasi.  Guna memperkuat kehadirannya di India, AMD telah meresmikan pusat desain global terbesarnya, kampus penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) Technostar, di Bengaluru. (Reuters)
Ilustrasi. Guna memperkuat kehadirannya di India, AMD telah meresmikan pusat desain global terbesarnya, kampus penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) Technostar, di Bengaluru. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Guna memperkuat kehadirannya di India, AMD telah meresmikan pusat desain global terbesarnya, kampus penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) Technostar, di Bengaluru. 

Fasilitas canggih ini menandai penanaman investasi AMD senilai US$400 juta di India selama lima tahun ke depan, yang diumumkan di Semicon 2023.

Melansir Gizmochina, Senin (4/12/2023), kampus Technostar, yang luasnya mencapai 47.000 meter persegi, akan menampung sekitar 3.000 insinyur yang berdedikasi untuk mengembangkan CPU, GPU, SoC adaptif, dan FPGA mutakhir untuk komputer pribadi dan pusat data. 

Hal ini sejalan dengan program semikonduktor India, yang menekankan pada pengembangan ekosistem yang mendukung desain semikonduktor dan pengembangan bakat.

Fasilitas ini memiliki laboratorium penelitian dan pengembangan modern, pusat demo pengunjung khusus, dan ruang berkumpul kolaboratif, yang menciptakan lingkungan kondusif bagi inovasi dan kolaborasi. 

Dengan seperempat tenaga kerja global AMD berbasis di India, pusat desain baru ini siap memainkan peran penting dalam memajukan teknologi semikonduktor.

Pusat R&D ini diresmikan oleh Ashwini Vaishnaw, Menteri Kabinet Persatuan Perkeretaapian, Telekomunikasi, Elektronika dan Teknologi Informasi, Pemerintah India. 

Sejumlah petinggi AMD yang turut hadir dalam acara peresmian tersebut, antara lain Mark Papermaster (Chief Technology Officer/CTO), dan David Wang (Senior Vice President/SVP) Radeon Technologies Group. Pusat R&D ini akan dipimpin oleh Deepak Agarwal.

Ashwini Vaishnaw, Menteri Perkeretaapian, Telekomunikasi, Elektronika dan Teknologi Informasi, Pemerintah India, menekankan pentingnya investasi AMD dalam ekosistem semikonduktor India.

Mark Papermaster, selaku Wakil Presiden Eksekutif dan Chief Technology Officer, AMD, juga menyatakan komitmen AMD terhadap India dan kepercayaannya terhadap talenta teknik negara tersebut.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])