Meta Pangkas Tenaga Kerja Buat Kurangi Biaya Sampai 10%

Nusantaratv.com - 23/09/2022 16:30

Perusahaan Meta / Internet
Perusahaan Meta / Internet

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Perusahaan teknologi besar terus mengalami pukulan. Meta akan memotong pengeluaran sebesar 10% setelah pendapatan tahun-ke-tahunnya menurun.

Untuk memberi jalan bagi pemotongan ini, Meta berencana untuk mengatur ulang departemen dan menempatkan beberapa pekerja di "daftar 30 hari" - tindakan yang akan membuat pekerja keluar dari perusahaan jika mereka tidak menemukan peran baru dalam bulan.

Sama seperti sesama perusahaan teknologi Google, yang saat ini membutuhkan karyawan terpilih untuk melamar kembali posisi yang berbeda untuk tetap di perusahaan, Meta menghindari penggunaan istilah "PHK". Namun, karena perusahaan berusaha untuk memprioritaskan dengan berinvestasi dalam kecerdasan buatan (AI), pekerja pun digunakan sebagai jaminan.

Meta Memotong Biaya sebesar 10%

Menurut laporan baru-baru ini oleh Wall Street Journal, perusahaan induk Facebook dan Instagram sedang mencari cara untuk mengurangi total pengeluaran sebesar 10% dalam beberapa bulan mendatang, karena perusahaan tersebut menghadapi penurunan pendapatan iklan dan meningkatnya persaingan dari aplikasi media sosial TikTok.

Dengan memangkas pengeluaran, perusahaan berharap untuk memulihkan beberapa dari 22% kerugian tahun-ke-tahun yang diungkapkan dalam laporan pendapatan terakhirnya. Tetapi dengan pertumbuhan Meta yang juga terhenti untuk pertama kalinya dalam catatan karena perusahaan terus berinvestasi besar-besaran dalam teknologi metaverse dan AI, tidak jelas apakah penurunan skala ini berjalan cukup jauh.

Sumber yang dekat dengan Meta mengungkapkan bahwa pemotongan ini akan membuat para eksekutif mengatur ulang dan mengurangi departemen, memaksa karyawan terpilih untuk menemukan posisi di tempat lain di perusahaan.

Keputusan ini datang hanya beberapa bulan setelah Meta mengumumkan akan mengurangi jumlah karyawan baru, menghentikan kesepakatan dengan lebih dari 50 mitra berita AS.

Meta Menempatkan Pekerja di “Daftar 30 Hari”

Eksekutif meta menemukan cara untuk melepaskan karyawan tanpa memecat mereka secara resmi, menurut manajer saat ini dan mantan manajer di perusahaan. Sumber di Wall Street Journal menjelaskan bahwa ini dilakukan dengan memberi karyawan terpilih sebuah "jendela untuk melamar peran lain di perusahaan", sebuah praktik yang dikenal oleh orang dalam Meta sebagai "Daftar 30 Hari".

“Kami telah mengumumkan kepada publik tentang perlunya tim kami bergeser untuk memenuhi tantangan ini” – Juru bicara Meta

Menurut juru bicara Meta Tracy Clayton, dengan memberi karyawan waktu selama sebulan untuk melamar pekerjaan lain di perusahaan, mereka dapat mempertahankan bakat yang mungkin hilang jika tidak. Namun, ketika ditanya berapa banyak pekerja yang bisa terpengaruh, Clayton menolak berkomentar.

Tetapi ditempatkan di Daftar 30 Hari Meta bukanlah hal baru. Menurut stafnya, para eksekutif telah menggunakan metode ini pada kinerja yang buruk sepanjang sejarah perusahaan. Namun, ketika raksasa media sosial terus jatuh pada masa-masa sulit, teknik pemindahan sekarang digunakan pada mereka yang memiliki reputasi baik dan ulasan kinerja yang kuat.

Meta bukan satu-satunya perusahaan yang melepaskan karyawan. Saat Google menghadapi kesulitan keuangannya sendiri, perusahaan teknologi tersebut telah menghentikan sejumlah proyek dan memberi karyawan yang terkena dampak hingga akhir tahun untuk menemukan peran baru. Jika mereka gagal diterima di tim baru, mereka berisiko diberhentikan dari perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in