LG Sukses Demonstrasikan Transmisi 6G Tercepat

Nusantaratv.com - 15/09/2022 11:28

Ilustrasi. Beberapa perusahaan sudah mulai mengerjakan konektivitas generasi berikutnya yang disebut dengan 6G, di mana salah satunya adalah LG. (TechSpot) 
Ilustrasi. Beberapa perusahaan sudah mulai mengerjakan konektivitas generasi berikutnya yang disebut dengan 6G, di mana salah satunya adalah LG. (TechSpot) 

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kendati jaringan 5G masih belum merata di sejumlah negara di dunia, namun beberapa perusahaan sudah mulai mengerjakan konektivitas generasi berikutnya yang disebut dengan 6G. 

Perusahaan tersebut salah satunya adalah LG. Perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) ini telah sukses menguji transmisi nirkabel tersebut dan penerimaan data 6G terahertz (THz) pada rentang frekuensi 155 hingga 175 GHz pada jarak 320 meter di luar ruangan.

Dikutip dari Gizmochina, Kamis (15/9/2022), pengujian itu dilakukan pada 7 September di Fraunhofer Heinrich Hertz Institute (HHI) di Berlin, Jerman. LG mengklaim ini adalah langkah penting menuju komersialisasi 6G THz di lingkungan dalam perkotaan dan luar ruangan, karena cakupan seluler referensi base station untuk makro perkotaan sekitar 250 meter di luar ruangan.

Teknologi 6G, yang memanfaatkan frekuensi ultra-wideband, memiliki jangkauan yang relatif pendek dan dapat mengalami kehilangan daya selama transmisi dan penerimaan. Guna mengatasi hal ini, LG, Fraunhofer HHI, dan Fraunhofer Institute for Applied Solid State Physics (IAF) telah bersama-sama mengembangkan power amplifier yang mampu meningkatkan kekuatan transmisi dan low noise amplifier receiver yang meningkatkan kualitas sinyal yang masuk.

Amplifier multi-channel yang digunakan dalam demonstrasi baru-baru ini memiliki output lebih dari 20dBm, peningkatan lebih dari 5dBm dibandingkan solusi sebelumnya yang digunakan LG, Fraunhofer HHI dan IAF. 

Receiver ini juga dilengkapi dengan low noise amplifier yang sangat mengurangi timbulnya noise selama penerimaan. Desain modul terbaru LG menggabungkan teknologi baru ini, membuatnya mampu untuk fabrikasi IC (integrated circuit) masa depan untuk memudahkan jalan menuju komersialisasi.

"Dengan keberhasilan demonstrasi terbaru kami, kami selangkah lebih dekat untuk mewujudkan kecepatan 6G 1 terabit (TB) per detik di area dalam perkotaan dan luar ruangan," kata CTO dan Wakil Presiden Eksekutif LG Elektronik, Dr. Kim Byoung-hoon.

"LG akan terus bekerja sama dengan lembaga penelitian dan inovator industri untuk semakin memperkuat kepemimpinannya dalam teknologi 6G. Kami berharap 6G menjadi pendorong utama bisnis masa depan dan pengalaman pengguna baru, dan tidak ada tempat yang kami inginkan selain menjadi yang terdepan dalam pengembangannya," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in