Google Mengumpulkan Banyak Data dari Penggunanya, Buat Apa?

Nusantaratv.com - 25 Agustus 2022

Google / Techcrunch
Google / Techcrunch

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Bukan rahasia lagi bahwa raksasa Big Tech seperti Google dan Apple mengumpulkan banyak data pengguna untuk mempersonalisasi pengiriman layanannya.

Sekarang, sebuah laporan baru menemukan bahwa Google adalah pengumpul poin data pengguna terbesar di antara semua perusahaan Big Tech.

Meskipun Anda mungkin dapat melepaskan diri dari cengkeraman Apple sebagai pengguna Android, semua pengguna - iPhone dan Android sama-sama menggunakan salah satu layanan Google, baik itu YouTube, Gmail, atau Google Pay.

Analisis baru oleh StockApps.com mengklaim telah mengontekstualisasikan data ini, menunjukkan perusahaan mana yang mengumpulkan sebagian besar data pengguna. Google tetap di atas, diikuti oleh Twitter, Amazon, Meta (sebelumnya Facebook), dan Apple.

Mengumpulkan data apa?

Rata-rata, Google mengumpulkan setidaknya 39 jenis data berbeda dari Anda, diikuti oleh Twitter di 24, Amazon di 23, Facebook di 14, dan Apple di 12. Apakah Anda membaca kebijakan privasi secara keseluruhan sebelum mendaftar untuk suatu layanan?  Kebanyakan orang tidak, karena dokumen-dokumen ini panjang.

 "Selain itu, pengguna kekurangan waktu, kesabaran, atau energi untuk mencoba mencari tahu informasi apa yang disimpan situs web dan bagaimana mereka menggunakannya untuk keuntungan mereka," tulis Edith Reads dari StockApps.com.

Ini pada dasarnya melukiskan Apple sebagai perusahaan yang paling "sadar privasi" di lautan Big Tech. Terlepas dari itu, kita tidak akan pernah benar-benar mengetahui sejauh mana data diambil dengan atau tanpa persetujuan kita. Baru kemarin, sebuah laporan menyoroti bagaimana browser dalam aplikasi mengumpulkan data lengkap tentang apa yang dilakukan pengguna.

Daftar tersebut menuduh bahwa Google, Twitter, dan Facebook menyimpan lebih banyak informasi daripada yang mereka butuhkan. Faktanya, Google mungkin mengumpulkan informasi tentang lokasi tertentu dari pengguna, tambah laporan itu.

"Perusahaan mengandalkan data ini untuk iklan bertarget daripada mengandalkan pelacak pihak ketiga," tulis Reads.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])