Google Chrome Jadi Alat Pencari Paling Tidak Aman

Nusantaratv.com - 08/10/2022 17:20

Google chrome /  threatpost
Google chrome / threatpost

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Dengan 2,65 miliar pengguna global yang mengejutkan, Google Chrome sejauh ini merupakan browser web paling populer. Namun, dengan mesin pencari yang mengumpulkan total 303 kerentanan pada tahun 2022, sebuah laporan baru-baru ini mengungkapkan bahwa itu mungkin yang paling tidak aman juga.

 Atlas VPN mengungkapkan bahwa kerentanan Chrome ditemukan 2,5 kali lebih banyak daripada Mozilla Firefox , browser paling tidak aman kedua. 

Selama setahun terakhir, penyedia VPN AtlasVPN telah bekerja keras mengumpulkan data di browser web teratas. Setelah memilah-milah tumpukan data yang disediakan oleh database kerentanan VulDB, mereka mengkonfirmasi bahwa browser utama Google, Google Chrome, telah ditemukan memiliki kerentanan paling besar.

Untuk lebih spesifik, para peneliti melihat 303 kerentanan di mesin pencari tahun ini saja, dan Google Chrome adalah satu-satunya browser yang ditemukan dengan kerentanan baru dalam lima hari pertama bulan Oktober. Ini membawa jumlah total kerentanan server hingga 3.159.

“Menurut data yang disajikan oleh tim Atlas VPN, browser paling populer di dunia Google Chrome adalah yang paling rentan, dengan 303 kerentanan ditemukan tahun ini.” kata Peneliti dari Atlas VPN.

Kerentanan penting yang ditemukan di Chrome termasuk CVE-2022-3318, CVE-2022-3314, dan CVE-2022-3311, tetapi menurut laporan tersebut, semua bug dapat menyebabkan kerusakan memori.

Tapi bagaimana dengan browser populer lainnya? Nah, AtlasVPN mengungkapkan bahwa Mozilla Firefox adalah mesin pencari paling tidak aman kedua, dengan Atlas VPN mengumpulkan total 177 kerentanan tahun ini dan 2.361 secara keseluruhan. Ini diikuti oleh Microsoft Edge,  dengan 103 bug pada tahun 2022, dan 806 secara keseluruhan.

Beruntung bagi pengguna Safari Hanya 26 kerentanan terdokumentasi yang ditemukan di dalam alat dari Januari hingga Oktober tahun ini, menjadikannya browser paling aman dalam laporan, kedua setelah Opera.

Bagaimana Anda Bisa Tetap Aman Menggunakan Chrome?

Jika Anda seorang loyalis Chrome, seperti kebanyakan dari kita, jangan khawatir. Ada beberapa  cara untuk menggunakan browser dengan aman. Perbarui Google Chrome ke versi terbarunya, 106.0.5249.61.

Waspada terhadap plug-in yang Anda gunakan juga merupakan cara yang efektif untuk mempertahankan diri dari ancaman. Terakhir, menginstal perangkat lunak antivirus adalah cara lain yang aman untuk menelusuri keamanan web.

Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan ini, sambil memperhatikan aktivitas mencurigakan secara online, Anda dapat menelusuri keamanan, apa pun mesin telusur yang Anda pilih.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in