Gara-gara Postingan di Media Sosial Karyawan Ini Terancam Dipecat Apple

Nusantaratv.com - 18 Agustus 2022

Ilustrasi dipecat / Forbes
Ilustrasi dipecat / Forbes

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Apple dilaporkan mengancam akan memecat seorang karyawan karena beredarnya klip di media sosial dan viral. Klip, yang diposting di TikTok, menunjukkan seorang karyawan Apple bernama Paris Campbell, menunjukkan kepada netizen soal tip keamanan dasar.

Apple mengatakan Campbell telah melanggar kebijakan perusahaan dengan mengidentifikasi dirinya sebagai karyawan Apple dan memposting tentang Apple.

Sama seperti kebanyakan perusahaan, Apple juga memiliki kebijakan media sosial, di mana karyawan disarankan untuk tidak memposting tentang pelanggan, kolega, atau informasi rahasia. Meski begitu, karyawan tidak dilarang memposting tentang teknologi perusahaan.

"Kami ingin Anda menjadi diri sendiri, tetapi Anda juga harus menghormati dalam posting, tweet, dan komunikasi online lainnya," kata dokumen internal Apple.

Apa yang pada dasarnya terjadi adalah seorang pengguna TikTok mengatakan bahwa dia kehilangan iPhone-nya di Coachella. Mereka yang menemukannya telah mengiriminya pesan ancaman yang mengatakan bahwa mereka akan menjual informasi pribadinya di dark web sampai iPhone dihapus dari ID Apple-nya.

Dalam tanggapannya, Campbell menyebut dirinya sebagai insinyur perangkat keras bersertifikat di "perusahaan tertentu yang suka berbicara tentang buah." Dia menyarankan pengguna TikTok untuk tidak mendengarkan pemeras dan mendesaknya untuk tidak melakukan apa-apa.

Dalam 24 jam, video tersebut telah mengumpulkan 5 juta tampilan. Dia diperingatkan oleh manajernya di Apple untuk menghapus video tersebut dan bisa menghadapi konsekuensi yang dapat berujung pada pemutusan hubungan kerja. 

Campbell memiliki cukup banyak pengikut di TikTok, dengan lebih dari 439.000 pengikut. Dia telah melakukan stand-up comedy sejak 2011.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])