Bukan Main! Peneliti Ini Pakai Perangkat Murah Buatan Sendiri untuk Nge-hack Starlink Elon Musk

Nusantaratv.com - 16/08/2022 16:30

Starlink / depositephotos
Starlink / depositephotos

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Dengan lebih dari 3.000 satelit kecil di orbit, Starlink Elon Musk telah menciptakan armada luar biasa yang mengorbit Bumi dan menyediakan jangkauan akses internet satelit di 36 negara.

Namun, satu peneliti keamanan siber Belgia dengan perangkat buatan sendiri senilai US$25 dapat mengungkapkan kelemahan Starlink.

Kamis lalu di konferensi keamanan Black Hat di Las Vegas, peneliti keamanan Belgia Lennert Wouters memamerkan bagaimana dia meretas sistem internet Starlink menggunakan papan sirkuit buatan sendiri atau modchip yang biaya pengembangannya sekitar US$25.

Untuk melakukan ini, Wouters harus melepas parabola, memungkinkan dia untuk memasang modchip khusus menggunakan suku cadang yang murah dan tersedia. Setelah terpasang, papan sirkuit cetak buatan sendiri meluncurkan serangan injeksi yang melewati sistem keamanan Starlink, dan memungkinkan akses ke fungsi kontrol yang dimaksudkan Starlink untuk tetap terkunci.

"Sebagai penyerang, katakanlah Anda ingin menyerang satelit itu sendiri," Wouters menjelaskan, "Anda dapat mencoba membangun sistem sendiri yang memungkinkan Anda untuk berbicara dengan satelit, tetapi itu cukup sulit. Jadi jika ingin menyerang satelit, Anda ingin pergi melalui terminal pengguna karena itu mungkin membuat hidup Anda lebih mudah."

Sistem Starlink dibagi menjadi tiga bagian utama: Satelit, gerbang yang mengirimkan koneksi internet, dan terminal pengguna yang disebut sebagai " Dishy McFlatface " oleh karyawan Musk. Penelitian Wouters berfokus pada Dishy McFlatfaces.

Wouters mengungkapkan kerentanan terhadap SpaceX tahun lalu dan perusahaan membayarnya melalui program hadiah bug. Starlink, sebagai tanggapan atas karya Wouters, menerbitkan PDF enam halaman yang menjelaskan bagaimana ia mengamankan sistemnya bersama dengan pembaruan firmware yang membuat serangan lebih sulit, tetapi bukan tidak mungkin, untuk dieksekusi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in