Apa Itu Doomscrolling: Bagaimana Kita Dapat Menghentikan Doomscrolling?

Nusantaratv.com - 10/10/2022 18:10

Ilustrasi menggunakan ponsel / Iteba
Ilustrasi menggunakan ponsel / Iteba

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Praktik berbahaya dari membaca artikel berita dan posting media sosial yang menyedihkan adalah pengguliran malapetaka atau doomscrolling. Mengingat pandemi yang terus berlanjut dan jurang politik yang semakin melebar, sebagian besar individu lebih rentan terhadap aktivitas ini daripada sebelumnya.

Kecemasan, stres, keputusasaan, dan kepanikan dibawa dan diperburuk oleh doomscrolling, yang berdampak buruk pada kesehatan mental. Namun, dengan menghindari begitu banyak bahan berbahaya, adalah mungkin untuk menghentikan kebiasaan tersebut dan mengurangi kerusakannya. 

Dr Priyanka Srivastava, Departemen Ilmu Perilaku, (Konsultan), Rumah Sakit Jaypee (Noida), berbagi empat tips untuk mengekang pengguliran yang berbahaya.

Doomscrolling dan Kesehatan Mental Anda?

Doomscrolling memperkuat pikiran dan perasaan negatif.

Ini memperburuk penyakit mental.

Doomscrolling meningkatkan kepanikan dan kekhawatiran.

Doomscrolling mengganggu tidur Anda.

Posting yang saling bertentangan menabur kegelisahan.

Media sosial dan doomscrolling memicu hormon stres.

Bagaimana Cara Mengekang Doomscrolling yang Berbahaya?

Tindakan utama dalam menghentikan kebiasaan buruk, seperti pengguliran malapetaka, adalah menyadarinya.

Tetapkan pengatur waktu dan batasan: Tetapkan batasan waktu untuk menggunakan media sosial dan situs web berita apa pun yang Anda kunjungi saat menggulir untuk menghentikan siklus pengguliran malapetaka yang tidak pernah berakhir. Anda dapat mengikuti berita dan mempertahankan kontak dengan teman, tetapi tetapkan batasan. Sisihkan jam-jam tertentu dalam sehari untuk menggunakan situs web ini.

Terapkan Perhatian Penuh pada Menggulir: Saat menggulir berita dan posting memiliki fungsi, itu juga bisa menjadi kompulsif. Penerapan mindfulness yang paling umum dalam hal kesehatan mental adalah meditasi.

Jaga Perhatian Positif Anda: Blokir mereka yang postingannya mengganggu atau membuat Anda kewalahan. Sebaliknya, berpartisipasilah dalam halaman yang membangkitkan semangat, meskipun itu hanya lelucon lucu. Lebih sedikit waktu yang tersedia untuk pengguliran ruangan karena aktivitas internet yang positif menghabiskan lebih banyak waktu Anda.

Luangkan Waktu dari Teknologi: Detoksifikasi digital dari ponsel, tablet, dan laptop bermanfaat bagi kesehatan mental. Setiap hari, luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang konstruktif dan sehat daripada menggunakan teknologi .

Sebagian besar dari kita dapat memahami mengapa doomscrolling adalah kecenderungan yang buruk. Namun, sangat mudah untuk menjadi asyik dengan siklus berita dan mendapati diri Anda tidak dapat berpaling dari peristiwa mengerikan itu. Berhentilah dari kebiasaan ini, lebih sadar, dan lakukan aktivitas non-teknologi yang sehat untuk kesehatan mental Anda.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in