70% Serangan Siber adalah Ransomware dan Kompromi Email Bisnis (BEC)

Nusantaratv.com - 04/08/2022 18:10

Ilustrasi hacker / Security Magazine
Ilustrasi hacker / Security Magazine

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - 70% dari serangan siber teratas yang dilaporkan dalam 12 bulan terakhir adalah ransomware atau email bisnis (BEC), menurut laporan Palo Alto Networks baru-baru ini.

Keamanan siber adalah perhatian utama bagi bisnis di seluruh dunia, tetapi dengan meningkatnya serangan phishing dan serangan profil tinggi yang tidak kunjung berakhir, ada banyak hal yang dapat kita pelajari untuk menjaga keamanan bisnis kita.

Laporan tahunan yang dilakukan oleh pakar keamanan siber global, Palo Alto Networks, menganalisis lebih dari 600 kasus respons insiden dalam 12 bulan terakhir untuk mengungkap pola, tren, dan kerentanan keamanan siber yang paling umum yang meliputi:

  • 70% kasus adalah ransomware dan kompromi email bisnis
  • 77% disebabkan oleh phishing, kerentanan perangkat lunak, dan keamanan kata sandi yang buruk (serangan brute-force)
  • Kerentanan perangkat lunak yang diketahui menyumbang hampir setengah dari semua kasus yang dilaporkan
  • 50% organisasi yang ditargetkan tidak memiliki otentikasi multifaktor pada sistem inti yang menghadap internet seperti email web perusahaan, solusi akses jarak jauh, dan VPN yang aman
  • Prosedur manajeme yang buruk berkontribusi pada 28% kasus

7 Industri Teratas yang Ditargetkan oleh Serangan Siber

Menurut laporan itu, industri teratas yang terkena dampak adalah keuangan, perawatan kesehatan, layanan profesional dan hukum, manufaktur, teknologi, dan grosir dan eceran.

Industri ini menyumbang lebih dari 60% kasus. Organisasi dalam industri ini menyimpan, mengirimkan, dan memproses sejumlah besar informasi sensitif yang dapat dimonetisasi yang menarik pelaku ancaman.

Penyerang, katanya, sangat "oportunistik" dan akan memindai internet untuk mencari sistem di mana mereka dapat memanfaatkan kerentanan tertentu, membuat bisnis dengan pertahanan menghadapi internet yang lebih lemah menjadi lebih rentan.

Cara Melindungi Bisnis Anda Dari Serangan Siber

Cara terbaik untuk melindungi bisnis Anda dari serangan siber adalah dengan berinvestasi dalam pelatihan keamanan siber yang baik. Dengan serangan brute-force, salah satu penyebab terbesar kerentanan sistem, praktik dan pedoman kata sandi yang ketat, adalah kunci untuk meminimalkan risiko.

Seperti yang disarankan,  mengamankan VPN, otentikasi multi-faktor (MFA) dan pengelola kata sandi adalah beberapa metode terbaik yang digunakan untuk menerapkan lapisan perlindungan ekstra, terutama untuk kantor hibrida, atau mereka yang bekerja dari jarak jauh.

Kerentanan perangkat lunak (atau perangkat lunak usang) menyumbang 77% kasus di samping keamanan kata sandi yang buruk dan serangan phishing dalam 12 bulan terakhir, menunjukkan bahwa itu adalah magnet bagi malware dan memperbarui perangkat lunak Anda secara otomatis dapat mencegahnya.

Menemukan perlindungan malware yang tepat adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa bisnis Anda aman dan terlindungi. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in