Dompet Dhuafa Kembali Ajak Masyarakat Memahami Persoalan Kemiskinan

Menurut Imam, persoalan kemiskinan yang dihadapi masyarakat dikarenakan gagal menyusun program penyelesaian kompleksitas kemiskinan
Dompet Dhuafa Kembali Ajak Masyarakat Memahami Persoalan Kemiskinan
Direktur Ekskutif Dompet Dhuafa, Imam Rulyawan MARS

Jakarta, Nusantaratv.com - Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa, Imam Rulyawan MARS mengajak seluruh masyarakat untuk memahami inti persoalan kemiskinan yang dialami oleh sebagian masyarakat Indonesia. 

Menurut Imam, persoalan kemiskinan yang dihadapi masyarakat dikarenakan gagal menyusun program penyelesaian kompleksitas kemiskinan. 

Baca Juga: Dompet Dhuafa Ajak Masyarakat Indonesia Jangan Takut Berzakat 

"Memahami persoalan kemiskinan adalah hal mendasar, sebelum merumuskan strategi penyelesaiannya. Jika gagal mengerti inti persoalan di masyarakat, hampir dipastikan akan gagal menyusun desain program berorientasi penyelesaian kompleksitas kemiskinan," ujar Imam Rulyawan, di Restoran Penang Bestro, Jakarta Pusat (17/10/2019). 

Pemerintah pun terus berusaha dalam menekan angka kemiskinan melalui skema alokasi dana desa, pada praktiknya mayoritas terserap untuk proyek infrastruktur. Memperbaiki jalan desa, saluran air, jembatan, dan beragam program fisik lainnya, tidak dapat secara langsung berpengaruh pada peningkatan taraf ekonomi masyarakat. 

Sementara itu untuk Indonesia, Bank Dunia memprediksi tingkat kemiskinan menunjukkan tren penurunan hingga beberapa tahun ke depan, meskipun lebih lambat. 

Untuk kelompok di bawah standar yang disebutkan di atas, Bank Dunia memprediksi jumlahnya turun dari 54,4 persen (2019), menjadi 52,3 persen (2020), dan 50,2 persen di 2021.

Reaksi Kamu

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0