Zhang Zhi Jie Meninggal Usai Kejang-kejang di Lapangan Saat Membela China pada Kejuaraan Asia Junior 2024, Begini Kronologinya

Nusantaratv.com - 01 Juli 2024

Pemain tunggal putra China, Zhang Zhi Jie meninggal dunia. (Foto: Istimewa)
Pemain tunggal putra China, Zhang Zhi Jie meninggal dunia. (Foto: Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Dunia bulu tangkis berduka. Pemain tunggal putra China, Zhang Zhi Jie meninggal dunia.

Dia sempat mengalami kejang-kejang di lapangan saat bertanding dalam ajang Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2024.

Insiden itu terjadi pada skor 11-11 saat Zhang Zhi Jie berhadapan dengan Kazuma Kawano (Jepang) di GOR Amongrogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Minggu (30/6/2024) sore.

Badminton Asia dan PBSI menyampaikan kabar duka tersebut. Zhang Zhi Jie dinyatakan meninggal dunia pada Minggu (30/6/2024) pukul 23.20 WIB.

Kronologinya, dia sempat jatuh dan kejang-kejang di tengah lapangan saat melakoni pertandingan di babak penyisihan Grup D.

"Zhang Zhi Jie dari China, pemain tunggal, pingsan di lapangan saat pertandingan malam hari lalu dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia pada pukul 23.20 waktu setempat kemarin," demikian pernyataan Badminton Asia dan PBSI dalam keterangan pers, Senin (1/7/2024).

Zhang Zhi Jie mengalami insiden tersebut ketika skor imbang 11-11 di game pertama melawan Kawamo. Dan ketika bersiap menerima servis, Zhang Zhi Jie tiba-tiba terjatuh di lapangan dan langsung mengalami kejang-kejang. 

Tim medis turnamen segera memberikan perawatan darurat di lapangan, dan Zhang Zhi Jie dibawa ke rumah sakit dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit.

"Zhang Zhi Jie sedang memainkan pertandingan penyisihan grup melawan Jepang ketika dia pingsan dan dirawat oleh dokter turnamen dan tim medis. Dia dibawa dengan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit untuk dilarikan ke rumah sakit," lanjut pernyataan itu.

Sementara itu, dalam pernyataan yang sama, Badminton Asia, PBSI, dan Panitia Penyelenggara menyampaikan belasungkawa mendalam kepada keluarga Zhang, Asosiasi Bulutangkis China (CBA), dan seluruh komunitas bulutangkis.

"Badminton Asia, PBSI, dan Panitia Penyelenggara turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada orang tua Zhang, keluarga, dan Asosiasi Bulutangkis China (CBA). Dunia bulutangkis kehilangan pemain berbakat," tutup pernyataan tersebut.

Ucapan duka cita juga disampaikan PB Djarum melalui akun resmi X (Twitter) @PBDjarum.  "Dunia bulu tangkis berduka 🥀🥀. Atlet tunggal putra asal Tiongkok, pingsan di lapangan saat sedang bertanding di babak penyisihan grup #AJC2024, melawan Jepang (30/06/24). Zhang Zhi Jie sempat dilarikan ke rumah sakit, dan meninggal dunia pada pukul 23.20 WIB."

"Keluarga besar PB Djarum menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada orang tua, keluarga dan asosiasi bulu tangkis Tiongkok. Selamat jalan, Zhang Zhi Jie. 🙏," tulis PB Djarum, dikutip Senin (1/7/2024).


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close