Wakil Negara Asia Kembali Bikin Kejutan di Piala Dunia 2022

Nusantaratv.com - 24/11/2022 00:20

Selebrasi Timnas Jepang
Selebrasi Timnas Jepang

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Tim dari negara Asia kembali bikin kejutan. Jika sebelumnya Arab Saudi sukses menundukkan Argentina, kali ini Jepang mampu membungkam Jerman dengan skor 2-1 pada laga perdana Grup E Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11).

Dua supersub, Ritsu Doan dan Takuma Asano tampil sebagai pahlawan skuad Samurai Biru setelah tertinggal lebih dulu pada babak pertama lewat gol yang dicetak Ilkay Guendogan pada menit ke-33. Namun di babak kedua, jalannya pertandingan berubah 180 derajat.

Sejak berjalannya babak pertama Jerman memang tak berhenti memberikan tekanan dengan melepas 12 tembakan. Sementara skuad asuhan Hajime Moriyasu berhasil menciptakan 11 tembakan, empat di antaranya tepat sasaran.

Hal itu tak lepas dari perubahan strategi yang dilakukan. Masuknya lima pemain baru, termasuk Takuma Asano dan Ritsu Doan terbukti efektif menambah daya gedor lini serang Jepang.

Doan yang masuk di menit ke-71 menggantikan Ao Tanaka langsung mencetak gol untuk menyamakan kedudukan empat menit kemudian setelah memanfaat sepakan Takumi Minamino yang berhasil ditepis Manuel Neuer.

Selanjutnya giliran Asano yang unjuk gigi. Sejak masuk menggantikan Daizen Maeda pada menit ke-57, Asano berhasil melepaskan lima tembakan. Namun upayanya baru berhasil pada percobaan terakhir, tepatnya pada menit ke-85.

Asano menang lari atas Nico Schlotterbeck dan melepaskan tembakan dari sudut sempit untuk menaklukkan Neuer. Gol tersebut berhasil membalikkan keadaan, dan akhirnya mengunci kemenangan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in