Waduh, Sivakorn Pu-Udom Kembali Jadi Wasit VAR di Laga Timnas Indonesia U-23 vs Irak

Nusantaratv.com - 01 Mei 2024

Wasit VAR Sivakorn Pu-Udom kembali bertugas saat Indonesia vs Irak di perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024.
Wasit VAR Sivakorn Pu-Udom kembali bertugas saat Indonesia vs Irak di perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Indonesia akan menghadapi laga perebutan tempat melawan Irak pada Piala Asia U-23 2024. Pertarungan berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2023). 

Duel ini tidak hanya menentukan peringkat akhir kedua tim di akhir turnamen. Lebih dari itu, tim yang menang juga akan melaju otomatis ke Olimpiade Paris 2024. Sedangkan yang kalah masih punya kesempatan terbang ke Paris lewat jalur play-off melawan wakil Afrika, Guinea pada 9 Mei 2024. 

Pertandingan bakal dipimpin oleh Majed Mohammed H Alshamrani dari Arab Saudi. Namun untuk wasit Video Assistant Referee atau VAR, AFC kembali memberi kepercayaan kepada sosok Sivakorn Pu-Udom.   

Hanya saja, kali ini, Sivakorn bertugas sebagai asisten. Sementara wasit utama VAR diserahkan kepada Abdullah Dhafer. 

Wasit asal Thailand ini juga sudah bertugas pada pertemuan Timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan di babak semifinal, Senin (29/4/2024). Dalam duel ini, Garuda Muda menelan kekalahan dengan skor 0-2.

Nama Pu-Udon jadi sorotan publik usai laga tersebut. Dia dituding telah memberi masukan yang keliru kepada wasit hingga menyebabkan kerugian bagi Indonesia. Salah satunya jatuhnya Witan Sulaeman di dekat kotak penalti Uzbekistan pada babak pertama. Awalnya, wasit Shen Yinhao memutuskan free kick kepada Indonesia. Namun keputusan itu dianulir setelah melihat VAR karena menganggap Witan diving. 

Yang tak kalah menyesakkan adalah gol Muhammad Ferarri pada menit ke-61. Wasit juga menganulir gol ini setelah meninjau VAR dan melihat salah seorang pemain Indonesia sudah lebih dulu di posisi offside. Setelah itu, publik juga dibuat marah oleh kartu merah yang menimpa Rizky Ridho pada menit 84.

Bukan kali ini saja Sivakorn Pu-Udom bertugas sebagai wasit VAR saat Indonesia tampil di Piala Asia U-23 2014. Sebelumnya dia juga menjalankan peran yang sama saat Garuda Muda kalah 0-2 dari Qatar di laga perdana grup A. Dalam duel ini, sejumlah keputusan wasit juga sempat memicu perdebatan. 

Siapa Sivakorn Pu-Udom?

Melansir dari situs transfermrkt, Pu-Udom sebenarnya bukan sosok yang baru di Asia. Dia tercatat sudah menyandang label sebagai wasit FIFA sejak 2013 lalu.

Pria berusia 36 tahun itu juga pernah menjadi wasit VAR saat Piala Asia 2024. Saat itu, dia juga bertugas pada pertandingan Indonesia melawan Irak yang berkesudahan dengan kekalahan Tim Merah Putih dengan skor 1-3. 

Pu-Udom juga sempat jadi wasit VAR pada pertandingan Indonesia vs Vietnam di penyisihan grup Piala Asia 2023. Namun dalam laga ini, Merah Putih berhasil menang 1-0.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close