Utut Adianto Ingin Ikuti Jejak Erick Thohir Sukses Lakukan Naturalisasi Pemain Asing, Tapi...

Nusantaratv.com - 18 Agustus 2024

Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto/ist
Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto/ist

Penulis: Ramses Manurung

 

Nusantaratv.com-Keberhasil Ketua Umum PSSI Erick Thohir melalui program naturalisasi pemain asing di timnas sepak bola Indonesia mendapat apresiasi dari Ketua Umum PB Percasi, Grand Master Utut Adianto. Utut mengaku sempat terbersit untuk menempuh cara yang sama demi mendongkrak prestasi catur Indonesia. 

Hal itu disampaikan Utut usai mendampingi Presiden Federasi Catur Asia Sheikh Sultan Al Nahyan membuka Japfa Chess Festival ke-14 2024 di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Sabtu (17/8/2024). 

"Sejak 2004 kita terus memproduksi sedikitnya seribu pemain muda lewat Kejurnas. Mulai usai 7, 9, 11, 13 hingga 17 dan 19 tahun. Namun sampai saat ini kita belum berhasil melahirkan juara dunia catur putra maupun putri. Itu mimpi kita semua tapi tentunya tidak mudah untuk mewujudkannya," kata Utut Adianto. 

Utut terang-terangan mengaku belajar banyak dari Erick Thohir yang tergolong sukses meningkatkan prestasi Timnas sepak bola Indonesia lewat program naturalisasi pemain asing. 

"Kita juga belajar banyak dari orang seperti Erick Thohir. Ambil pemain asing banyak untuk dinaturalisasi. Mungkin awalnya ada yang protes dan pro kontra. Tapi ketika menang orang sudah tidak menyoal lagi. Itu orang asing atau bukan. Kita selebrasi bersama kemenangan untuk Indonesia," ujarnya. 

PB Percasi sendiri, kata Utut, mengambil sikap mendidik. Meski di cabang catur ada juga negara yang melakukan naturalisasi pemain asing. 

"Seperti Singapura yang mengambil pecatur China. Negara lain juga melakukan naturalisasi pemain asing," ungkapnya. 

"Saya juga dalam persimpangan jalan tetapi. Tapi saya sampai saat ini masih tetap dalam posisi tidak melakukan naturalisasi pemain asing," imbuhnya.

Japfa Chess Festival ke-14 2024

Sementara itu, berbeda dari edisi-edisi sebelumnya, Japfa Chess Festival ke-14 2024 tak hanya mempertandingkan nomor catur standar. Tetapi juga mempertandingkan catur cepat dan catur kilat. 

Total ada 542 peserta dari dalam dan luar negeri yang bersaing memperebutkan hadiah sebesar Rp325 juta. Event kali ini juga disemarakkan dengan Duel Meet pecatur putri papan atas Indonesia WGM Medina Warda Aulia versus pecatur Vietnam WGM Vo Thị Kim Phụng. 

Sayang, sampai dengan babak kedua Medina tertinggal dengan skor 0,5-1,5. 

Setelah bermain imbang di babak pertama, Sabtu (17/8/2024) pada babak kedua, Minggu (18/8/2024) Medina yang memainkan buah putih harus menelan kekalahan. 

Laga akan dilanjutkan dengan babak ke-3, besok, Senin (19/8/2024). 

Duel meet Medina vs Vo di catur akan berlangsung selama 10 babak dengan rincian 4 babak catur standar, 4 babak catur cepat dan 2 babak catur kilat. Yang berhasil mengumpulkan poin tertinggi akan keluar sebagai pemenang duel meet Grand Master Japfa Chess Festival ke-14 2024. 

Di kategori Open, pecatur pelatnas Yospeh Theofilus Taher memimpin dengan 3 poin hasil dari 3 kemenangan. Yoseph ditempel ketat oleh 11 pemain di urutan 2-12 yang juga mengemas 3 poin. Kategori Open diikuti sebanyak 150 peserta termasuk pecatur putra andalan Indonesia GM Novendra Priasmoro yang berada di urutan ke-17 dengan 2,5 poin. 

Selain kategori Open, pada event kali ini juga dipertandingkan kategori kelompok usia muda hingga veteran di atas 55 tahun dan kategori beregu.

 


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close