Turnamen Catur Japfa Ramadhan Cup 2022 Diramaikan 236 Pecatur

Nusantaratv.com - 27 April 2022

Menpora Zainudin Amali melakukan langkah kehormatan menandai pembukaan Japfa Ramadhan Cup 2022/rm
Menpora Zainudin Amali melakukan langkah kehormatan menandai pembukaan Japfa Ramadhan Cup 2022/rm

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Turnamen catur Japfa Ramadhan Cup 2022 kembali bergulir. Turnamen hasil kerjasama Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) dengan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) produsen perusahaan makanan agri, disambut antusias oleh para atlet dan insan catur nasional. Tercatat ada 236 pecatur dari 16 provinsi di Indonesia yang ambil bagian. 

Japfa Ramadhan Cup 2022 akan berlangsung selama dua hari pada 27-28 April 2022 di Gedung Serbaguna GBK Senayan Jakarta. 

Turnamen berhadiah total Rp56 juta ini secara resmi dibuka oleh Menpora, Zainudin Amali, pada Rabu (27/4/2022). Pembukaan ditandai dengan langkah kehormatan bidak putih yang dilakukan Menpora pada laga pembuka Theodora Paulina Walukow kontra GM Cerdas Barus.  

Hadir Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto, Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen Suwarno dan Vice President-Head of Social Investment JAPFA R. Artsanti. 

Dalam sambutannya, Menpora memberikan apreasiasi kepada PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) atas dukungannya terhadap pembinaan catur di Indonesia. 

Menpora mengatakan dukungan JAPFA kepada catur Indonesia merupakan komponen penting dalam membina prestasi pecatur Indonesia. 

"Pecatur-pecatur Indonesia memerlukan pertandingan-pertandingan seperti ini untuk mengukur sejauh mana kemampuan mereka. Untuk meningkatkan kualitas permainan mereka," ujar Menpora, Zainudin Amali. 

"Disinilah peranan JAPFA yang selalu menghadirkan pertandingan berkualitas untuk para pecatur Indonesia," imbuhnya. 

Menpora juga mengapreasiasi pertandingan kali ini diikuti oleh pecatur-pecatur yang berkualitas seperti legenda catur Grand Master (GM) Cerdas Barus.

Menurut Menpora, kehadiran pecatur-pecatur senior ini menjadi salah satu bukti ajang kompetisi dapat menjadi media pembinaan kualitas bermain atlet. 

Pada kesempatan yang sama, R. Artsanti, Vice President-Head of Social Investment JAPFA mengaku bersyukur dukungan yang diberikan Japfa terhadap pembinaan catur di Tanah Air selama lebih dari dua dekade telah membuahkan hasil menggembirakan. Berhasil melahirkan GM Susanto Megaranto. Melalui berbagai turnamen yang diselenggarakan diharapkan nantinya lahir pecatur-pecatur andalan baru Indonesia di masa datang. 

“Kolaborasi selama dua dekade ini setidaknya telah berhasil melahirkan Grand Master Susanto Megaranto. JAPFA masih tetap ingin untuk melahirkan Grand Master dan juga master-master baru di masa yang akan datang,” ujar Artsanti.

SEA Games di Vietnam

Sementara itu, Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto mengaku senang melihat tingginya antusiasme para peserta untuk mengikuti Japfa Ramadhan Cup 2022. 

"Catur adalah satu-satunya olahraga yang dapat dimainkan saat puasa sehingga Turnamen Ramadan Cup merupakan kompetisi tradisi yang selalu dilaksanakan oleh JAPFA,” ujar GM Utut Adianto, Ketua PB PERCASI.

"Meskipun kondisi perekonomian belum membaik, JAPFA tetap mendukung perhelatan Ramadhan Cup," imbuhnya.  

Utut menjelaskan selain untuk pembinaan bagi para pecatur yunior, Japfa Ramadhan Cup juga diproyeksikan untuk memantapkan persiapan para pecatur pelatnas Tim Catur Indonesia yang akan berlaga pada SEA Games di Vietnam, Mei 2022 mendatang. 

"Karena SEA Games mempertandingkan nomor catur cepat, ramadhan cup cocok untuk dijadikan persiapan pertanding untuk para pecatur Indonesia yang nanti berlaga di Hanoi pada bulan Mei," ujar GM Utut.

Cabang olahraga catur pada SEA Games di Vietnam akan mempertandingkan 14 nomor. Timnas Catur Indonesia dipastikan hanya mengikuti 10 nomor.  

Japfa Ramadhan Cup merupakan turnamen catur kilat 5 menit. Turnamen akan berlangsung dalam 9 babak. 

Juara pertama Ramadhan Cup 2022 akan mendapatkan hadiah Rp10 juta, peringkat kedua Rp6 juta dan peringkat tiga Rp3 juta. Selain juara hingga peringkat ketiga, para peserta yang berhasil menempati peringkat 4-50 juga mendapat hadiah yang telah ditetapkan besarannya. 

Menpora Zainudin Amali melakukan langkah kehormatan bidak putih pada laga pembuka Theodora Paulina Walukow kontra GM Cerdas Barus disaksikan Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto dan Vice President-Head of Social Investment JAPFA R. Artsanti. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close