Tour de Muara Takus Akan Dongkrak Pariwisata Riau

Nusantaratv.com - 25 Oktober 2022

Penjabat Bupati Kampar Dr Kamsol. (ANTARA/dok)
Penjabat Bupati Kampar Dr Kamsol. (ANTARA/dok)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Penjabat Bupati Kampar Dr Kamsol mengatakan lomba balap sepeda Tour de Muara Takus yang dilaksanakan pada 12 November 2022 akan mendongkrak sektor pariwisata dan ekonomi di daerah setempat maupun di Provinsi Riau secara umum.

Bupati Kamsol di Kamoar, Selasa, berharap ajang itu menjadi daya tarik wisata tersendiri sehingga banyak orang berkunjung dan mendongkrak majunya roda ekonomi di Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Kampar.

“Karena Tour de Muara Takus ini, kuliner dan penjualan suvenir kita jalan,” katanya. Hal itu, lanjutnya, karena di sekitar Candi Muara Takus nantinya juga ada bazar UMKM untuk memanjakan pengunjung dari berbagai daerah.

Kamsol menjelaskan Tour de Muara Takus 2022 ini adalah ajang sepeda menelusuri Kota Pekanbaru menuju situs Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar sebagai titik akhirnya dengan perjalanan keseluruhan sejauh 125 kilometer.

Kamsol menyebutkan rencananya Tour de Muara Takus tahun ini akan mengambil titik awal di depan Mapolda Riau, Jalan Pattimura, Kota Pekanbaru, dan berakhir di Candi Muara Takus, Kabupaten Kampar.

Dia juga menyebutkan pendaftaran yang dibuka untuk kelas hobbies dan race ini sudah ada pendaftar dari 20 provinsi di Indonesia dan satu negara tetangga yaitu Malaysia.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Ikatan Sepeda Sport Seluruh Indonesia (ISSI) Provinsi Riau tersebut didukung oleh Pemprov Riau dan Pemkab Kampar dan puncaknya berada di Candi Muara Takus.

Ia mengatakan di lokasi puncak acara akan diselenggarakan berbagai kegiatan, mulai dari pasar murah, bantuan sembako untuk masyarakat, serta hiburan rakyat.

“Hiburan dari pagi sampai menjelang tamu datang sampai dengan sore. Sore ada pembagian hadiah sekaligus musik tradisional, lagu daerah dan musik tren saat ini,” tambahnya.

Kamsol juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan Tour de Muara Takus sehingga diharapkan pula ke depannya kegiatan ini menjadi ajang nasional. (Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close