Timnas Indonesia Usung Target Akhiri Paceklik Emas di SEA Games

Nusantaratv.com - 15 Mei 2023

Timnas Indonesia U-23
Timnas Indonesia U-23

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi Thailand pada partai puncak SEA Games 2023 Kamboja.

Skuad Garuda punya modal bagus untuk melawan Thailand. Tercatat, skuad Garuda selalu menang dalam lima pertandingan hingga melaju ke final. Bahkan musuh bebuyutan mereka, Vietnam pun dikalahkan dengan skor tipis 3-2.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri mengatakan, besok adalah pertandingan puncak dan skuad Garuda sudah berproses dengan baik dari empat pertandingan di grup dan satu di semifinal.

"Saya berharap dan kami sudah berkomitmen dengan para pemain kita memberikan yang terbaik atau menjadi game terbaik kita. Semua pemain termasuk Arhan dalam kondisi baik, tetapi secara regulasi besok kita tidak bisa mainkan dia, jadi kita besok main dengan skuat 19 pemain dan semua pemain tersebut siap bermain serta memberikan penampilan terbaik," kata Indra Sjafri.

Laga kontra Thailand menjadi kali keempat Timnas Indonesia U-22 di final SEA Games. Skuad Garuda mengusung misi mengakhiri paceklik emas sepak bola SEA Games yang telah berlangsung selama 32 tahun.

"Terima kasih kepada para suporter, baik itu yang langsung ke Kamboja, ini tanggung jawab kita bersama dan harus diselesaikan termasuk yang ada di Indonesia, mungkin lewat TV dan tentu kami meminta supportnya, mudah-mudahan atas izin Allah kita bisa mewujudkan keinginan kita di mana sudah 32 tahun tidak medali emas," tutup Indra.

Sebagai informasi, dari 23 kali pertemuan, Garuda Muda hanya mampu meraih lima kemenangan, momen itu terjadi pada edisi 1979, 1989, 1991, 2011, dan 2019. Sementara Thailand sukses meraih 16 kemenangan dan dua kali hasil imbang.

Kenangan medali emas terakhir Indonesia juga terjadi pada edisi SEA Games tahun 1991 silam. Itu juga menjadi kali pertama Indonesia bertemu dengan Thailand di final.

Pada saat itu, laga Indonesia vs Thailand berakhir dengan skor sama kuat 0-0 di waktu normal. Skuad Garuda yang dibela nama-nama legendaris seperti Ferril Hattu dan Rochi Putiray lantas bisa menaklukkan Thailand 4-3 melalui adu penalti.

Namun pada pertemuan terakhir di SEA Games Vietnam, Indonesia harus menelan kekalahan tipis 0-1 atas Thailand pada babak semifinal.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close