Timnas Indonesia U-23 Tekuk UEA 1-0, Shin Tae-yong: Harusnya Bisa Menang Besar

Nusantaratv.com - 09 April 2024

Timnas Indonesia U-23 menang 1-0 atas Uni Emirat Arab pada uji coba Senin (8/4/2024). (dok PSSI)
Timnas Indonesia U-23 menang 1-0 atas Uni Emirat Arab pada uji coba Senin (8/4/2024). (dok PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia U-23 menunjukkan peningkatan permainan saat berhadapan dengan Uni Emirat Arab (UEA), Selasa (9/4/2024) dini hari WIB. Dalam duel ini, pasukan Shin Tae-yong menang dengan skor 1-0. 

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Shabab Al Ahli itu, Indonesia unggul lewat gol Witan Sulaeman. Sebelumnya, Indonesia sempat kalah 1-3 dalam uji coba melawan Arab Saudi, 5 April lalu.

Pelatih Shin Tae-yong menyambut baik hasil uji coba melawan UEA. Menurutnya, laga yang kembali digelar secara tertutup itu menunjukkan peningkat performa para pemain timnas Indonesia U-23. 

Meski demikian, STY masih melihat celah yang perlu diperbaiki. Utamanya di lini depan yang kurang tajam. 

"Memang para pemain, performanya sangat baik. Kurangynya mungkin pada jumlah gol. Kalau lebih fokus mungkin bisa mencetak tiga sampai empat gol lebih. Tapi secara keseluruhan sangat baik," kata Shin Tae-yong dalam rekaman yang diterima wartawan.

Timnas Indonesia U-23 seperti diketahui tengah menajalani pemusatan latihan (TC) di Dubai, Uni Emirat Arab, sejak 1 April lalu. Mereka digembleng sebelum tampil pada Piala Asia U-23 2024 Qatar, 15 April - 3 Mei 2024. Para pemain akan berlatih di Dubai hingga 10 April sebelum kemudian bertolak ke Qatar. Pada kejuaraan ini, Timnas Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania.  

Shin Tae-yong menilai, para pemain sudah mulai memahami skema bermain yang diinginkan. Perbaikan juga masih bisa dilakukan mengingat ada waktu sepekan lagi sebelum pertandingan pertama lawan Qatar.

"Pemahaman semakin baik dan juga tentunya ada berkembang juga dari pemain. Masih ada seminggu lagi sebelum 15 April. Jadi masih banyak waktu untuk mengembangkan para pemain," kata Shin Tae-yong.

"Tidak ada waktu untuk latihan fisik, jadi kami akan fokus pada latihan taktik," beber STY menambahkan. 

Indonesia bakal mengawali langkahnya di Piala Asia U-23 2024 pada 15 April 2024. Di laga perdana, Garuda Muda yang berstatus debutan bakal bertemu Qatar. Selanjutnya, Indonesia akan bersua Australia pada 18 April 2024. Sementara di laga terakhir, Indonesia akan bertemu Yordania pada 21 April 2024. 
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close