Timnas Indonesia U-23 Masih Lemah di Finishing Touch, Shin Tae-yong Tetap Optimistis Hadapi Piala Asia U-23 2024

Nusantaratv.com - 10 April 2024

Shin Tae-yong saat memberi pengarahan kepada para pemainnya di Dubai, Uni Emirat Arab. (dok PSSI)
Shin Tae-yong saat memberi pengarahan kepada para pemainnya di Dubai, Uni Emirat Arab. (dok PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong sengaja mengubah komposisi starting list pemain yang diturunkan saat melawan Uni Emirat Arab, Senin (8/4/2024). STY ingin melihat kemampuan para pemain inti yang bakal tampil di Piala Asia U-23 2024 nanti. 

Indonesia telah melalui dua kali uji coba selama menjalani pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab. Di laga perdana, Garuda Muda harus mengakui keunggulan Arab Saudi dengan skor telak 1-3. Dalam duel ini, STY melakukan banyak pergantian pemain. 

Pada uji coba kedua, STY mengubah komposisi starting list-nya. Dia menurunkan para pemain inti yang akan tampil menghadapi Qatar di laga perdana Piala Asia U-23 2024. Hasilnya, Garuda Muda pun berhasil menang 1-0 lewat gol tunggal Witan Sulaeman. 

STY secara umum cukup puas dengan hasil yang diraih pasukannya. Meski demikian, dia masih melihat beberapa masalah dalam skuad Garuda Muda, terutama soal finishing. 

"Memang ya para pemain inti yang dimainkan hari ini. Jadi ya performa sangat baik," kata STY usai laga seperti dilansir dari situs resmi PSSI. 

"Tetapi ya kurangnya mungkin, kurang fokus untuk cetak gol ya. Kalau fokus lebih ya mungkin harusnya cetak 3-4 gol lebih, tapi itu yang kurang. Tapi secara keseluruhannya sangat baik untuk performa," kata Shin Tae-yong.

STY menambahkan, para pemain semuanya telah berusaha menjalankan instruksi pelatih. Dia juga optimistis, penampilan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan akan lebih mantp saat hari H tiba. "Tadi juga memang kelihatan menjadi baik juga dan tanggal 15 (April) nanti akan pastinya menjadi lebih baik lagi," tambahnya.
 
Piala Asia U-23 2024 digelar di Qatar, 15 April sampai 3 Mei mendatang. Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. Indonesia akan menghadapi Qatar, pada laga perdana di Jassim Bin Hammad Stadium, Senin (15/4).

Juara, runner-up, dan peringkat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 berhak mentas di Olimpiade Paris 2024. Sedangkan posisi empat besar harus menjalani play-off melawan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023, Guinea.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close