Tim Catur Indonesia Kembali Rebut 2 Emas di 21st Asean University Games 2024

Nusantaratv.com - 29 Juni 2024

CDM Kontingen Indonesia Del Asri (memakai topi merah) meninjau venue Catur ASEAN University Games 2024 di Kampus UPN Veteran Surabaya/istimewa
CDM Kontingen Indonesia Del Asri (memakai topi merah) meninjau venue Catur ASEAN University Games 2024 di Kampus UPN Veteran Surabaya/istimewa

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Tim Catur Indonesia sukses menambah pundi-pundi emas pada hari kedua pertandingan cabor catur 21st Asean University Games (AUG) 2024, di Surabaya, Jawa Timur. 

Tambahan dua medali emas diraih dari nomor catur cepat perorangan putra dan beregu putra. 

Pertandingan catur cepat AUG yang mempertandingkan nomor perorangan putra-putri dan beregu putra-putri digelar di Kampus UPN Veteran Surabaya, Jumat (28/6/2024)..

Sistem pertandingan yang digunakan Swiss 7 babak dengan jatah waktu berpikir 15 menit plus increment 10 detik setiap langkah untuk setiap pemain.

Empat pemain peringkat tertinggi dari setiap kontingen/negara peserta akan dijumlah poin kemenangannya untuk menentukan peringkat beregu. Ada 6 negara ASEAN yang mengikuti Catur, yaitu: Indonesia sebagai tuan rumah, Malaysia, Filipina, Singapura, Timor Leste dan Vietnam.

Master Internasional (MI) Gilbert Elroy Tarigan dari Universitas Gunadarma sukses merebut emas nomor catur cepat perorangan putra. Perak diraih wakil Malaysia, Master Fide (MF) Lye Lik Zang dari Malaysia. Adapun perunggu di nomor ini juga diraih pecatur Indonesia yakni MI Azarya Jodi Setyaki  dari Universitas Gajah Mada.

Dominasi di nomor catur cepat perorangan putra otomatis membuat Indonesia merebut emas nomor catur cepat beregu putra. Disusul Malaysia dengan medali perak dan Singapura meraih perunggu.

Sayang, sukses para pecatur putra gagal diikuti Tim Catur Putri Indonesia. Seperti di nomor catur kilat yang dipertandingkan sehari sebelumnya, Vietnam kembali mendominasi nomor catur cepat perorangan dan beregu putri. 

Medali emas direbut Master Internasional Wanita (MIW) Nguyen Hong Anh. Perak di nomor ini diraih pecatur Indonesia MIW Laysa Latifah dari Universitas Negeri Jakarta (Indonesia) disusul  WCM Nithyalakshmi Sivanesan dari Malaysia yang meraih perunggu. 

Vietnam melengkapi suksesnya di nomor catur cepat dengan merebut medali emas beregu putri. Perak diraih Indonesia dan perunggu jatuh ke tangan Malaysia. 

Meski sama-sama mendulang dua medali emas, namun Tim Catur Indonesia dipastikan tampil sebagai Juara Umum di nomor catur cepat perorangan dan beregu putra-putri. 

Tim Merah Putih merah 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu, ditempel Vietnam di peringkat kedua dengan 2 medali emas dan Malaysia 2 medali perak dan  2 medali perunggu. 

Cabor catur di ajang 21st Asean University Games 2024 akan mempertandingkan nomor terakhir yakni catur standar atau klasik perorangan dan beregu putra-putri.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close